in

Manipulasi Sejarah Muhammadiyah?

Bersamaan dengan riuhnya maulid nabi, ternyata organisasi masyarakat Muhammadiyah juga sedang milad. Tapi rasa-rasanya ya gaes, Muhammadiyah seringkali milad. Jadi, sebenernya kapan milad Muhammadiyah? Terus juga ada yang mengatakan kalau tahun ini Muhammadiyah menginjak usia 106 tahun, ada juga yang mengatakan 109 tahun. Nah lho, jadi yang bener yang mana? Apakah ada manipulasi sejarah Muhammadiyah?

Eits, tunggu dulu. Berdasarkan pembacaan milenialis terhadap sejarah Muhammadiyah, bahwasannya Muhammadiyah didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan pada tanggal 18 November 1912 M bertepatan dengan 8 Dzulhijjah 1330 H. Nah, jadi udah jelas kan gaes kenapa bisa beda? Loh dimana bedanya?

Baiklah, mari simak penjelasan milenialis berikut ini

Jadi gini gaes, jumlah usia Muhammadiyah memang memiliki dua versi. Hal tersebut dikarenakan patokan tanggal yang digunakan berbeda. Muhammadiyah berusia 106 tahun jika dihitung menggunakan kalender masehi dan berusia 109 tahun jika dihitung menggunakan kalender hijriah. Coba yuk kita hitung bersama, 18 November 2018 – 18 November 1912 = 106 tahun; 8 Dzulhijjah 1439 – 8 Dzulhijjah 1330 = 109 tahun. Netizen pun berkomentar, “loh min kan sekarang udah 1440 H, harusnya 110 dong?” Hmm, coba dilihat lagi kalender hijriahnya. Yang menjadi patokan adalah 8 Dzulhijjah di tahun 2018 ya.

Nah, buat kamu para milenialis yang hidup dilingkungan Muhammadiyah, bisa saja merasakan milad lebih dari dua kali. Karena setiap ortom (organisasi otonom) Muhammadiyah juga memiliki sejarah berdirinya masing-masing.

Menginjak usianya yang ke 106, Muhammadiyah mengusung tema “Ta’awun untuk Negeri”. Semoga ikhtiar baik Muhammadiyah untuk terus berkirah untuk umat, negara dan bangsa senantiasa dalam Ridho-Nya dan dapat memberikan dampak yang baik bagi khalayak. At least, Selamat Milad Muhammadiyah ke-106.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Kuy bagikan :)

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

6 Pengertian Guru Versi Milenialis

Yuk Lebih Sadar dan Peka dengan Semua Saudara Sesama