in

Inilah 5 Hal yang Kamu Harus Lakuin Waktu Liburan

Setelah berlelah lelah mengerjakan ujian akhir semester, pasti sudah terbayang dong di kepala kita tentang waktu libur yang ada di depan mata. Tapi, kadang ada perasaan di tengah tengah hari kita lagi asyik menikmati liburan, tiba tiba muncul rasa bosan. Ih, mau ngapain aja selama liburan? Masa gini gini aja? Nah, daripada kamu sekalian cuma ngehabisin waktu menyesal tapi tetep fokus ke handphone atau pindah-pindah channel dari stasiun televisi satu ke televisi lain. Kita bakalan kasih kamu hal apa aja yang kamu harus lakuin untuk menghabiskan (atau lebih tepatnya menikmati) waktu liburan kamu tanpa enggak ada rasa penyesalan sama sekali, widiw. Yuk, langsung dibaca:

1. Cari hobi/kegiatan baru

Suntuk banget di rumah cuma main hape terus, nah bisa banget waktu kita lagi buka hape cari hal apa yang lagi in untuk dilakukan akhir akhir ini. Misalnya, belajar menyulam atau belajar menyetir kendaraan. Selain butuh waktu yang sabar buat sampai ke goals nya, kedua hal tersebut kalau bisa ditelateni pasti akan memberikan banyak manfaat buat kita sendiri. Suruh jaga rumah? Kenapa enggak coba belajar masak? Bisa dimulai dari resep resep yang biasa kita makan dirumah; tempe goreng, nasi goreng, tumis kangkung, siapa tau kamu jadi bisa masakin buat sekeluarga. Iya kan?

2. Self Trip

Liburan tapi waktu antara anggota keluarga lain tabrakan? Sering banget hal itu terjadi. Gimana kalau kita sendiri yang rencanain self trip kita? Enggak perlu jauh jauh, cari saja kota paling dekat dari rumah atau bisa jadi tempat tempat di kota kamu yang belum pernah kamu kunjungi sama sekali. Tempat makan yang legendaris, taman kota, candi dan banyak tempat yang bisa kamu bikin daftar harus dikunjungi waktu self trip. Ada juga solusi yang lebih bisa kamu lakuin, tapi kalau kamu bener bener mager ya, nonton ke bioskop sendiri plus muter muter di mall sendirian juga.

3. Rombak Kamar

Tahun yang baru selalu identik dengan suasana yang baru juga. Bertahun tahun punya kamar tapi tata ruangnya masih gitu gitu aja, yah bosan juga kan? Selain bisa menghabiskan waktu kamu dan membuat kamu makin kreatif buat menentukan kamar ideal buat diri sendiri, kamu juga bisa tiba tiba menemukan benda benda kenangan waktu rombak kamar. Buku tulis waktu kamu masih kecil, mainan kesukaan kamu sampai barang yang ternyata enggak pernah kamu pakai sama sekali. Asik banget kan bisa sekalian nostalgia. Buka handphone kamu kemudian cari deh inspirasi kamar yang kamu banget di Pinterest atau Youtube. Makin betah deh nanti kamu dikamar!

4. Lihat Film yang Bukan ‘Kamu’ Banget

Sering kan kita sudah punya banyak file film tapi belum pernah ditonton sama sekali karena takut enggak sesuai sama genre yang kita biasa tonton. Daripada film itu enggak pernah ditonton bisa dicoba kamu tonton film-film yang bukan kamu banget. Siapa tahu malah lebih suka dan nemu daftar film yang lebih bagus. Selain film, kamu bisa menghabiskan waktu dengan membaca buku yang kamu belum selesai baca atau udah beli tapi ternyata belum kamu baca sama sekali.

5. You and Your Family Time

Setelah bersibuk sibuk kuliah, sekolah atau kerja hal yang paling kita sering ketemu tapi kelihatannya kurang waktu yaitu keluarga. Bagaimana kalau menjadikan liburan kamu sebagai sarana buat mengakrabkan diri bersama keluarga? Enggak perlu semuanya. Tips penting adalah, cari hari dimana kamu dan salah satu anggota keluarga kamu itu luang, terus pergunakan waktu itu untuk quality time bareng. Bisa juga minggu pertama liburan kamu nemenin saudaramu ke tempat yang mereka pengen pergi kesana, minggu kedua menemani ibu kamu jalan jalan dan minggu ketiga santai di rumah cerita bareng ayah. Asik banget kan selain bisa lebih tahu tentang anggota keluarga kita juga bisa menikmati waktu yang mungkin jarang ada kesempatannya.

Dari lima daftar diatas, mana nih yang sudah siap kamu lakuin hari ini? Tapi ingat ya, liburan enggak lantas membuat kita jadi pengen tiduran aja di kasur, kuncinya adalah dilarang keras mager untuk melakukan lima daftar ini. Ayo semangat dan selamat liburan!

Penulis: Saraswati Nur Diwangkara

Kuy bagikan :)

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Milenial Harus Tau: 5 Situs untuk Mengakses Jurnal dengan Mudah

Jurusan Perkuliahan Bukan Cuma Ekonomi dan Kedokteran, Ini Lima Rekomendasi Jurusan Lain buat Kamu!