in

Jurusan Perkuliahan Bukan Cuma Ekonomi dan Kedokteran, Ini Lima Rekomendasi Jurusan Lain buat Kamu!

Halo guys!

Kita semua low-key mengakui kalau masa SMA merupakan masa masa dimana (selain banyak yang bilang itu masa sekolah paling menyenangkan). Dan juga, masa SMA merupakan masa terakhir kita berada di jenjang sekolah sebelum ngelanjutin ke bangku kuliah atau buat temen temen yang SMK juga ada pilihan langsung untuk bekerja. Baik kuliah ataupun kerja dua duanya adalah hal yang sama sama sulit tapi juga nyenengin untuk dinikmati.

Bingung menentukan jurusan dalam bangku kuliah nanti? Alah, masih lama juga. Ngapain dipikirin sekarang? Eits, seenggaknya Millenialis bakalan ngasih kamu gambaran jurusan apa sih yang ada di bangku kuliah (siapa tau kamu enggak tahu mempelajari apa aja dan yang lebih parahnya belum tau kalau jurusan itu ada) selain jurusan jurusan yang selalu ada di top 10 jurusan yang paling diminati, hehe. Ini dia:

1. Tata Kelola Seni / Manajemen Seni

Enggak cuma di Fakultas Ekonomi dan Bisnis aja yang punya jurusan Manajemen tapi seni juga punya jurusan Manajemennya sendiri. Jurusan Manajemen Seni sejatinya adalah perpaduan antara; ekonomi, bisnis dan seni. Selain itu, Manajemen Seni atau Tata Kelola Seni bakal mempelajari bagaimana proses manajemen produk seni dalam segala bentuk. Enggak cuma itu aja, mahasiwa Tata Kelola Seni juga bakalan ngerti banget deh masalah cara mengkurasi karya dalam visual yang tepat agar maksud dan tujuan bisa dipahami oleh penikmat karya. Wih, mantep banget enggak tuh?

2. Sastra Jawa

Stop bilang sastra Jawa itu kuno, apalagi masih menganggap banyak jurusan yang dipandang sebelah mata, ckckck. Menurut kami, jurusan Sastra Jawa ini berisi orang orang yang seratus persen cinta sama kebudayaan Jawa dan menghargai banget namanya sastra, sejarah dan kebudayaan. Mempelajari Jawa sama aja kamu udah mempelajari Indonesia karena kebudayaan Jawa merupakan kebudayaan terbesar di negara ini. Enggak sekedar itu, Sastra Jawa atau Sastra Nusantara juga belajar tentang bahasa bahasa daerah lain yang ada di Indonesia; Sunda, Bali, dan Makkasar. Masih berani nyepelein jurusan ini?

3. Rekam Medis

Siapa ‘jantung’ dari rumah sakit? Dokter? Perawat? Bukan bukan, jantung dari rumah sakit adalah rekam medis sendiri. Rekam medis sangat penting karena rekam medis yang mengetahui seluruh data pasien mulai dari riwayat penyakitnya, perkembangan pasien, diagnosis dan tindakan apa aja yang sudah dilakukan oleh dokter/perawat terhadap pasien. Jadi rekam medis membutuhkan ketelitian dan kedisiplinan yang tinggi dalam pekerjaannya dan juga dong kuliahnya.

4. Meteorologi

Dari nama jurusannya pastilah udah ada gambaran dikit dikit gimana jurusan ini, atau keinget tentang kepanjangan dari BMKG. Cialah. Jurusan yang cuma ada di ITB ini, membuat kamu belajar tentang iklim, cuaca, dan komponen komponen yang ada di dalamnya. Ilmu yang asyik banget kan? Dengan mempelajari hal hal kayak gitu kamu bisa banget mengenal lebih dalam tentang bumi ini dan fenomena alam disekitar kita. Terutama nih, Indonesia sendiri termasuk unik karena dipengaruhi oleh benua benua maritim yang punya pola cuaca dan iklim yang kompleks banget!

5. Kriminologi

Denger jurusan yang satu ini, Millenials langsung dong keinget Conan. Bisa juga nih kamu tiba tiba keinget salah satu television series yang Millenials juga suka yaitu, Criminal Minds. Dengan belajar di jurusan ini kamu bisa banget menganalisis suatu kasus kejahatan melebihi Detective Conan. Dalam kejahatan, seorang kriminolog enggak bisa memandang kasus hanya dari satu sisi, semua harus dikupas secara tuntas. Tapi, jurusan Kriminologi bukan termasuk jurusan yang mempelajari hukum kok, walaupun bersinggungan. Krimonologi mempelajari tingkah laku manusia, perekonomian, sistem hukum negara, ruang lingkup pelaku, dan masih banyak banget hal yang seorang kriminolog harus bisa analisis!

Wow wow, banyak banget kan jurusan jurusan yang kamu harus tahu mulai dari sekarang. Dan inget, enggak ada jurusan yang masuknya gampang, semua pake usaha dan kerja keras! Millenials cuma pengen menambah referensi buat kamu semua agar enggak terburu buru dalam memilih jalan yang harus ditempuh sampai jadi sarjana, tapi, apapun jurusan yang kamu inginkan. Jangan lupa selalu semangat belajar juga gantungkan terus di kepala harapan harapan kamu agar semakin dekat jalan untuk diwujudkan. Amin!

Penulis: Saraswati Nur Diwangkara

Kuy bagikan :)

What do you think?

2 points
Upvote Downvote

Inilah 5 Hal yang Kamu Harus Lakuin Waktu Liburan

Ini, Rekomendasi Film Coming-Age Sesuai Umur Kamu