in

Main ke Kaliadem, Mengakrabkan Diri dengan Gunung Merapi

Yogyakarta terkenal dengan destinasi wisatanya. Sejak dulu, destinasi seperti Malioboro, Titik 0 km, hingga Tugu Pal Putih Yogyakarta telah dikenal menjadi destinasi wajib yang bisa kita kunjungi saat berlibur di Yogyakarta. Seiring berjalannya waktu, destinasi wisata di Provinsi DI Yogyakarta bertambah, hingga kini merambah ke destinasi wisata alam. Salah satunya adalah Kaliadem di lereng Gunung api Merapi.

Kaliadem merupakan situs eks-bunker perlindungan dari awan panas erupsi Gunung Merapi. Bunker ini dahulu dianggap menjadi tempat yang aman untuk berlindung dari erupsi. Namun pada erupsi Gunung Merapi 2010, bunker justru menjadi tempat yang mematikan karena awan panas yang melintas membuat situasi di dalam bunker yang tertutup dan tanpa ventilasi menjadi sangat panas hingga melampaui batas yang dapat diterima tubuh manusia. Kini, pasca erupsi 2010, bunker Kaliadem ditutup. Kemudian kawasan ini disulap menjadi destinasi wisata yang sangat mengesankan. Jika cuaca cerah puncak Gunung Merapi terlihat jelas dan begitu besar dari Kaliadem.

Pemandangan yang indah dilengkapi dengan cuaca yang sejuk khas lereng gunung membuat kita bisa me-refresh pikiran sejenak di masa-masa liburan. Selain itu, Kaliadem yang menjadi lintasan material erupsi serta awan panas pada erupsi tahun 2010 membuat kita bisa menyaksikan jejak-jejak letusan, dan belajar banyak hal darinya. Erupsi yang sering dianggap mengerikan dan mematikan, jika disikapi dengan bijak justru membawa banyak kebaikan bagi manusia di kemudian hari, seperti Kaliadem saat ini.

Dengan keadaan dan pemandangan yang menakjubkan, kita bisa berfoto sepuasnya di Kaliadem, ditemani Gunung Merapi yang sangat dekat serta Kota Yogyakarta dan Perbukitan Karst Gunung Sewu di kejauhan. Jangan khawatir, biaya untuk wisata ini sangatlah terjangkau bagi pelajar dan mahasiswa, juga keluarga dan rombongan. Kaliadem juga memiliki area cukup luas, lho, jangan khawatir nggak kebagian tempat untuk berfoto-foto di kawasan ini, hehe. Jangan lupa juga, asap yang mengepul dari kepundan Gunung Merapi sangat epic untuk kita jadikan target pengambilan video dengan mode time-lapse.

Jangan khawatir, fasilitas umum seperti toilet dan warung makan serta souvenir cukup memadai di destinasi wisata ini. Tunggu apalagi, siapkan perangkat pengambilan gambar terbaikmu, ya. Pastikan siap untuk merekam panorama yang luar biasa di Kaliadem!

 

Perjalanan Menuju Kaliadem

Cari “Kaliadem” di aplikasi Maps, jaraknya ±27 km, sekitar satu jam perjalanan dari Kota Yogyakarta. Jangan lupa siapkan kendaraan yang memadai untuk perjalanan ini, ya. Kamu bisa menempuh perjalanan menggunakan kendaraan pribadi menuju Kaliadem, dilanjutkan dengan memarkirkan mobil. Untuk sepeda motor, kamu bisa membawanya sampai ke tempat parkir di kawasan Kaliadem dan untuk pengguna roda empat dapat menyewa sepeda motor dari tempat parkir mobil. Kalau dihitung-hitung, wisata ke Kaliadem ini bisa kita lakukan dengan biaya mulai dari 7.000/orang saja, lho!

Oh iya, wisata ini bisa kita lakukan dan terjamin keamanannya selama Gunung Merapi berstatus aktif normal (level I) dan waspada (level II), ya. Selebihnya, ada kemungkinan wisata ini ditutup jika Gunung Merapi mengalami peningkatan status ke siaga (level III) maupun awas (level IV). Jadi, selalu pastikan kamu mematuhi rambu-rambu dan papan peringatan yang ada, ya. Selamat berlibur dan bersenang-senang!

Untuk info biaya:

Tiket masuk     : 5.000/orang

Parkir motor    : 2.000/motor

Parkir mobil     : 5.000/mobil

Sewa motor     : 50.000/motor/jam

Lava Tour        : 350.000/jeep

 

Penulis: Nabhan Mudrik Alyaum

Ilustrator: Ni’mal Maula

Kuy bagikan :)

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Ini, Rekomendasi Film Coming-Age Sesuai Umur Kamu

Mengapa Destinasi Wisata Butuh Istirahat?