in

Tipe Tipe Penonton yang Ada di Konser, Kamu yang Mana?

Millenialis!

Musik merupakan ‘tempat pelarian’ yang cepat buat kamu yang lagi suntuk dengan apapun. Apalagi nih, sebagai penikmat musik pastinya kamu punya salah satu deh musisi yang pengen banget kamu lihat secara langsung konsernya. Tahun 2019 ini saja, Indonesia berhasil mengundang penyanyi penyanyi papan atas dunia seperti; Ed Sheeran, John Mayer yang tiketnya terjual habis dalam waktu 10 menit, kemudian band yang menjadi pemasok lagu-lagu super sedih kita yaitu Kodaline. Enggak cuma luar negeri, musisi musisi Indonesia seperti Tulus dan Shanty juga akan mengadakan konser tunggal di tahun ini. Diantara Millenialis pasti ada dong yang pernah lihat konser musik atau sekadar datang ke gigs? Disini kita mau menunjukkan nih, kamu tipe penonton konser yang gimana sih waktu nikmatin konser? Yuk, kita cari tahu.

1. Penonton Militan

Konser = surganya diri kamu. Kamu datang ke konser berarti kamu mendukung sepenuh hati, hafal lagu-lagunya, bahkan kamu udah lama banget nge fans sama musisi tersebut dari pertama kali sedikit orang yang tahu lagunya sampai musisi kesukaan kamu jadi se-terkenal itu. Penonton yang kayak gini adalah penonton yang bahkan hafal enggak cuma main track tapi juga side-track sampe explicit version. Enggak lengkap rasanya hari kamu kalau enggak denger suara penyanyi tersebut. Biasanya penonton militan bakal ada di paling depan barisan sambil joget sepuasnya (tergantung lagunya juga loh) sampai penonton yang lain bingung dengan apa yang terjadi dengan si penonton militan dan tentu saja, penonton tipe ini melihat si musisi dengan tatapan penuh kebanggaan.

2. Penonton ‘Eh Ini Lagu Apa Ya?’

Ibarat dua kutub yang saling bersebrangan, jangan sampe deh penonton militan dan penonton yang satu ini ketemu karena bisa perang dunia ketiga lama-lama di konser. Sebagai pengamat konser musik, cailah, penulis sering banget menemui penonton ‘Eh Ini Lagu Apa Ya?’ bahkan penulis juga pernah kok jadi salah satu bagian dari tipe penonton ini. Penonton ini biasanya cuma hafal diluar kepala lagu yang terkenal setengah mati dari si musisi. Ibaratnya konser itu sebagai ajang pelepas stress (walaupun emang iya) kemudian kalau lagu yang lain dinyanyiin, beuh langsung diam jadi patung. Penonton ini bahkan sering menjadi bahasan di kalangan penonton militan yang belum beruntung nonton konser atau yang ada di sekitar waktu konser. Tapi, menurut penulis enggak apa apa kok jadi penonton ‘Eh Ini Lagu Apa Ya’ yang penting kita sama sama menghargai si musisi. Betul?

3. Penonton Bingung

Penonton tipe ketiga ini hampir sama dengan penonton tipe kedua, tapi lebih parah lagi. Penonton bingung adalah penonton yang enggak tahu sama sekali siapa si musisi bahkan masih mempertanyakan alasan kenapa mereka ada di konser itu. Penonton ini mengindikasikan jati diri mereka sebagai orang yang diajak pacar, teman, gebetan, sahabat atau pengen gratisan konser yang mereka enggak tahu si musisi itu siapa dan lagu-lagunya. Penonton ini hanya bakal berakhir dengan ekspresi bingung sambil mengatakan, “Hah, gimana-gimana?” di setiap musisi menyanyikan lagu tapi enggak jarang penonton kayak gini juga bisa ikutan joget walaupun enggak all-out. Pst, penulis juga pernah kok jadi bagian dari penonton bingung.

4. Penonton Biasa Aja

Penonton biasa aja adalah penonton yang enggak hafal-hafal amat lah sama lagu si musisi, sekedar suka dengan karya karyanya tapi enggak membuat diri mereka mengidentitaskan diri sebagai fans dari si penyanyi. Penonton biasa aja kalau dia mau joget ya joget kalau enggak ya enggak. Kembali lagi ke diri penonton masing-masing. Penonton biasa aja mengganggap konser musik sebagai ladang penyaluran rejeki, kalau ada rejeki nonton kalau belum punya ya buka Youtube aja. Pokoknya biasa aja.

5. Penonton Shift

Penonton shift juga bisa disebut sebagai penonton pulang pagi, tapi disini bukan pulang pagi secara harfiah ya. Maksudnya adalah kalau misal di konser musik ada beberapa guest star nah si penonton pulang pagi nih akan pulang gerombolan kalau musisi kesayangan mereka udah tampil. Rasanya kocak aja lihat penonton yang satu bubar kemudian datang penonton lain secara massif, berasa lagi gentian shift kerja deh. Hehe.

Jadi, kira kira dari kelima tipe penonton yang ada di konser kamu udah bisa belum menemukan diri kamu di salah satu dari kelima tipe tersebut? Belum? Ya udah enggak apa-apa mungkin kamu penonton biasa aja atau malah belum pernah nonton konser musik. Ga usah sedih, enggak dosa kok. Semoga kita bisa ketemu di konser konser musik yang ada, cheers!

Penulis: Saraswati Nur Diwangkara

Ilustrator: Ni’mal Maula

Kuy bagikan :)

What do you think?

2 points
Upvote Downvote

Mengapa Destinasi Wisata Butuh Istirahat?

Langkah Langkah Sebelum Kamu Mencoblos