in

Semua Orang Bisa Pamit Tanpa Harus jadi Youtuber

Hai Milenialis!

Sebulan yang lalu, publik kita sempat dihebohkan dengan Ria Ricis yang (mungkin dari kita semua sudah tahu) jika adik dari Oki Setiana Dewi itu mengumumkan diri untuk mundur dari dunia Youtube yang sudah membesarkan namanya. Wow, siapa dong yang tidak heboh, bayangkan aja akun yang menembus angka 16 juta subscribes ini, masa enggak ada angin enggak ada hujan mau pergi dari Youtube begitu aja? Enggak semudah itu, Ria tidak lama kemudian mengumumkan kalau dia kembali lagi untuk beraktifitas di Youtube. Tenang aja, disini kita enggak akan menyoroti dih kenapa drama banget begitu aja sampe nangis-nangisan.

Enggak cuma Ria Ricis, tetapi Atta Halilintar kemarin tidak mau ketinggalan memanfaatkan kehangatan kata ‘pamit’ untuk thumbnail video baru Youtubenya. Yaudah sih ya, bukan itu poin yang kita mau bahas disini. Fenomena hiatus atau rehat sementara dari rutinitas kita dengan alasan-alasan tertentu. Hiatus bukan hal yang baru lagi di dunia selebritis, yang masih anget banget nih Ed Sheeran penyanyi kesayangan kita semua mengumumkan untuk hiatus setelah melangsungkan Divide Tour yang sempat mampir ke Indonesia. Terus, berapa lama sih waktu hiatus? Enggak ada yang tahu kecuali si pelakunya sendiri.

Mau tahu contoh hiatus yang lebih menyakitkan lagi ga nih? One Direction, duh, masih terbayang banget bagaimana Liam mengatakan ke publik kalau salah satu sumber kebahagiaan penikmat musik itu pamit sementara dari dunia hiburan, lah tapi semuanya mendadak solo padahal belum ada kejelasan soal bubar tidaknya mereka. Hiks.

Selain di luar negeri, Indonesia juga pernah mengalami peristiwa hiatus oleh sejumlah selebritis salah satunya, Sarah Sechan yang memutuskan rehat dari Instagram selama dua tahun. Sarah mengaku selepas rehatnya dari Instagram, ia merasa lebih memaknai kehidupan yang dijalani karena kehidupan media sosial ternyata begitu membuat Sarah penat.

Mungkin kejauhan ya rasanya kalau kita membandingkan hiatus selebritis dengan kita-kita manusia biasa ini, lah emang bisa? Bisa dong. Kita semua pasti punya keseharian yang kita lakuin kan setiap harinya, mungkin disatu hari kalian pernah berpikir ‘Duh berat banget ya aktifitas yang aku jalanin hari ini’.

Semua manusia pasti punya titik jenuh, dimana kita marah, sedih, muak entah dengan lingkungan atau diri sendiri. Apa itu normal? Normal kok. Semua diantara kita pasti pernah mengalaminya, apalagi orang-orang dengan pressure yang semakin banyak, misalnya balik lagi ke Ria Ricis yang setiap harinya harus mikir gimana caranya nih mikir konten yang tetep disuka sama orang-orang.

Sama seperti Aquarius (buat yang ngerti-ngerti aja) yang sering menghilang karena butuh waktu sendiri. Semua orang berhak pamit sementara untuk kesehatan dirinya sendiri. Mengisi energi sampai penuh sebelum akhirnya balik beraktifitas kayak biasanya. Emang gimana sih sehat itu sebenernya? Menurut WHO aja nih ya, tiga tanda orang sehat adalah sehat jasmani, sehat rohani, dan sehat lingkungan. Kemudian kenapa sih orang-orang yang berani hiatus kadangkala dilabeli sebagai orang yang aneh? Memang seremeh itu ya kesehatan diri kita?

Salah satu bentuk penghargaan kepada diri kita adalah dengan menghargai apa yang diri kita mau. Setuju?

So, buat kalian semua, jangan pernah takut untuk memutus sementara hal-hal yang membuat kalian enggak nyaman. Tetapi jangan lupa untuk kembali apalagi kalau kalian punya tanggung jawab di tempat yang kalian tinggali. Oke? Kayaknya, pas banget nih kita nyanyi lagu Sulung milik Kunto Aji sebagai penutup tulisan ini,

Yang sebaiknya kau jaga
Adalah
Dirimu sendiri

Penulis: Saraswati N. D

Ilustrator: Ni’mal Maula

Kuy bagikan :)

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tahun Baru Hijriah: Benarkah Zaman Rasul Ada Konser Musik?

Kita Terlalu Pusing Mikir Negara