in

Lawan Polusi Udara dengan 4 Langkah Kecil Ini!

Kalian ngerasa nggak sih, cuaca belakangan ini semakin tidak menentu? Suhu semakin panas, kualitas udara menurun dan masih banyak lagi masalah-masalah lingkungan belakangan ini. Tanpa menggunakan bahasa yang ndakik-ndakik semacam Global warming, secara alamiah kita pasti sudah tersadar bahwa ada yang tidak beres dengan lingkungan kita.

Yups, bumi kita sedang tidak baik-baik saja. Kualitas udara, tanah, bahkan air semakin menurun akibat pencemaran yang diakibatkan oleh ulah umat manusia. Bahkan, sudah tak sing lagi kita mendengar berita matinya ikan karena sampah atau limbah yang mencemari sungai. Bahkan gangguan pernapasan karena kualitas udara yang buruk.

Mencintai lingkungan pada hakikatnya merupakan sebuah kebaikan yang bersifat umum, tanpa ada sekat dari apapun. Bahkan semua agama mengajarkan kita untuk mencintai lingkungan, jadi mau sampai kapan kita bakal menutup mata terhadap kelangsungan hidup manusia di bumi?

Kamu yakin, akan membiarkan keadaan ini semakin parah saja setiap harinya?

Atau kamu ingin menjadi agen perubahan yang membuat perubahan mulai dari diri sendiri?

Aku yakin, temen-temen akan memilih menjaga bumi. Lalu, langkah-langkah kecil apa sih yang bisa kita lakukan untuk menjaga bumi? Yuk simak!

1. Jalan kaki atau bersepeda

Jalan kaki atau bersepeda, Kenapa tidak? Dengan berjalan kaki kita bisa sekalian berolahraga ringan dan mengurangi pencemaran udara akibat pembakaran bahan bakar fosil.

 

2. Naik transportasi umum

Bayangkan jika kita semua naik kendaraan pribadi yang menghasilkan polusi, seperti motor, mobil, apalagi jet pribadi. Pasti sumbangan kita untuk pencemaran udara sangat signifikan.

Salah satu solusi untuk mengurangi pencemaran tersebut adalah dengan naik transportasi umum. Di Indonesia, khususnya di kota-kota padat penduduk, pemerintah semakin rajin memperbaiki dan menertibkan sarana dan prasarana transportasi umum sehingga pengguna menjadi nyaman.

 

3. Tidak Boros Listrik

Inget ya, penghasil listrik di Indonesia masih di dominasi oleh pembakaran energi yang tidak terbarukan seperti batu bara dan minyak bumi. Dalam pembakaran ini tentu menghasilkan efek samping berupa  gas buangan seperti sulfur dioksida yang menyebabkan pencemaran udara.

 

4. Menanam Tanaman

Terakhir, biar lebih afdhol jangan lupa untuk tanam tumbuh-tumbuhan. Kalau kamu memilki lahan yang luas, bisa menanam pohon yang besar.

Kalau kamu punya lahan terbatas jangan berkecil hati. Ada beberapa tanaman yang tak memerlukan ruang yang besar, namun cukup ampuh menangkal polusi. Contohnya seperti Sansivera atau lidah mertua, dan Aloe Vera atau lidah buaya, serta masih banyak lagi.

 

Nah itu tadi 4 langkah kecil untuk melawan polusi udara. Semua perubahan dimulai dari perubahan kecil dalam diri sendiri, yakni perubahan cara pandang dan cara berfikir, yang termanifestasikan dalam laku atau tindakan,

 

Penulis :Sifa Lutfiyani Atiqoh

Ilustrator : Ni’mal Maula

Kuy bagikan :)

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Film Love for Sale 2: Belajar Kuat Ditinggal Pas Sayang-sayange

Berbagi Privasi di Fitur Close Friend Instagram, Emang Jamin?