“Proper financial planning, such as making a budget, saving for emergency funds, investing, preparing expenses for retirement can help you live more prosperously, despite the financial storm.”

Ben Bernanke

Lahir di era industri 4.0 merupakan sebuah anugerah. Di era ini kita banyak sekali memiliki kemudahan dalam mengakses berbagai macam informasi serta ilmu, bahkan hingga ilmu yang tidak diajarkan di bangku sekolah. Salah satunya, ilmu mengelola uang.

Sayangnya, masih banyak dari kita yang belum membaca peluang. Padahal adanya arus deras globalisasi sudah menciptakan berbagai produk teknologi yang sangat memadai untuk mulai mempelajari mengenai ilmu yang satu ini. Mulai dari munculnya banyak aplikasi manajemen keuangan, sampai berbagai komunitas penggiat pengelolaan keuangan sejak muda.

Masih banyak dari kita yang belum berfikir mengenai hal ini. Merasa memiliki jiwa muda, jiwa bebas dan masih pantas foya-foya. Padahal, ilmu mengenai pengelolaan keuangan ini sangat krusial dimiliki oleh siapapun, termasuk generasi milenial seperti kita sekarang.

Nah, disini saya ingin memaparkan 4 alasan kenapa kita harus menguasai ilmu pengelolaan keuangan atau melek keuangan sejak muda.

Menghindari Sifat Boros dan Berfoya-foya

“Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara setan.”

(QS. Al-Isra’ (17): 26-27)

Alasan pertama kenapa kita harus melek keuangan sejak muda adalah supaya kita terhindar dari sifat boros dan berfoya-foya. Sifat boros selain dibenci oleh Allah SWT, juga merupakan sifat yang tidak baik dipelihara dalam diri.

Sebagai generasi muda, saya sendiri sering merasa, terkadang kita banyak menghabiskan uang kita pada sesuatu yang ternyata kalau dipikir ulang tidak penting dan hanya menghambur-hamburkan uang saja, entah apapun itu –kecuali membeli pengalaman, ini justru sangat dianjurkan– dengan dalih “Masih muda, uang buat apa kalo tidak untuk foya-foya”. Nah, dengan melek keuangan sejak muda kita jadi lebih tahu arah keuangan kita. Sehingga sedikit demi sedikit bisa mulai mengurangi pengeluaran yang dirasa kurang bermanfaat dan bisa lepas dari sifat boros deh!

Lebih Cepat Mewujudkan Impian

Memiliki rumah megah nan mewah, kendaraan keren keluaran terbaru, perusahaan besar dan aset yang melimpah merupakan impian hampir semua orang, bukan?

Nah, alasan kedua kenapa kita harus melek keuangan sejak muda adalah supaya kita lebih cepat mewujudkan impian kita. Hal yang saya sebutkan di atas tidak serta merta turun dari langit, kan? Harus ada usaha dalam mewujudkannya. Dapat mengelola keuangan sejak muda membuat kita lebih matang dalam merencanakan keuangan masa depan karena tujuan keuangan yang ingin dicapai menjadi lebih jelas dan terarah.

Memperbesar Kesempatan Berinvestasi

“When you invest, you’re buying a day that you don’t have to work.”

Aya Laraya

Alasan ketiga kenapa kita harus melek keuangan sejak muda adalah agar kita memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk berinvestasi. Dengan memahami ilmu pengelolaan keuangan, kita akan mengenal juga mengenai dunia investasi.

Akhir-akhir ini marak bermunculan berbagai platfrom maupun aplikasi yang memang memiliki target pasar anak muda untuk bisa berinvestasi; baik investasi dalam bentuk saham, pasar uang ataupun emas. Terlebih lagi, modal yang dikeluarkan tidak harus besar dan juga banyak kemudahan transaksi pembayaran. Wah sayang sekali jika tidak dimanfaatkan dengan baik.

Demi Masa Tua Leha-Leha

Terakhir, kita harus melek keuangan sejak muda supaya kita dapat mempersiapkan masa tua yang sejahtera, masa tua yang leha-leha, membuat uang bekerja untuk kita. Dan yang terpenting tidak menjadi beban bagi generasi penerus kita kelak, supaya mereka tidak jadi sandwich generation. Melek keuangan sejak muda akan membawa kita pada perencanaan keuangan yang baik sehingga kita dapat merdeka finansial dan tidak lagi perlu bekerja di masa tua. Tinggal menikmati masa tua dan mempersiapkan bekal untuk kehidupan selanjutnya yang lebih kekal.

***

Nah, itu tadi beberapa alasan kenapa kita, kaum milenial-generasi muda, harus mulai melek keuangan sejak sekarang. Jadi gimana, masih mau bersantai ria?

Penulis: Clean Qurrota A’yun

Penyunting: Aunillah Ahmad