Halo gaes, semoga usaha baik untuk memperbaiki negeri kita tercinta terus terpompa. Salah satunya dengan usaha menciptakan bibit terbaik dalam diri sendiri sebagai generasi emas bangsa. 9 Desember ditetapkan sebagai peringatan Hari Korupsi Internasional. Penetapan tersebut melalui resolusi 58/4 pada 31 Oktober 2018.

 

Prof. J.E Sahetapy (pakar hukum) pernah mengatakan bahwa apabila ingin  mengetahui siapa yang berpotensi melakukan korupsi, tanya saja kepada para dosen apakah dulu pernah mencontek? Kalimat tersebut bisa diartikan bahwa mencontek adalah bibit awal dari korupsi.

 

Mengapa demikian?

Karena apabila ditilik dari pengertian korupsi menurut KBBI, korupsi adalah penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dsb) untuk kepentingan pribadi atau orang lain. Uang dalam pengertian tersebut bisa saja disejajarkan dengan bahan contekan dan atau objek penyelewengan lainnya. Nah, apabila dalam ujian para milenial memanfaatkan catetan atau gadget atau jawaban teman bisa banget masuk dalam kategori korupsi. Kategori tersebut berlaku pada yang mencontek dan memberi contekan. Karena keduanya sama-sama melakukan penyalahgunaan. Nah lho, berarti para contek-conteker itu bisa dituntut ke Mahkamah dong ya?

 

Lantas, menjadi waktu yang tepat di Hari Korupsi Internasional sebagai moment bagi para milenialis khususnya bagi yang masih duduk dibangku pendidikan formal (TK; SD; SMA; PT; dan sederajat) untuk senantiasa jujur dalam melakukan segala prosesnya. Baik dalam mengerjakan ujian, tugas dan yang paling sederhana dalah absen. Nah lho, para mahasiswa milenial siapa yang masih suka TA? Alias titip dan atau penyelewengan absen.

 

By the way, momentum hari korupsi tahun 2018 ini bertepatan dengan masa-masa ujian akhir semester ya. Baik yang sudah mulai, sedang atau akan melaksanakan ujian. So, bisa banget buat melatih diri untuk tidak korupsi. Mari budayakan tindakan tidak korupsi, mulai dari diri sendiri.

 

Selamat ujian! Selamat berjuang untuk kejujuran! Selamat berjuang untuk mempertahankan moral! Selamat berjuang untuk memberantas korupsi! Selamat Hari Korupsi Internasional


 Penulis:

Fadhlinaa ‘Afiifatul ‘Aarifah

   “Mahasiswa Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
 Ilustrator:

Mohammad Ni’malmaula

Mahasiswa biasa yang suka berteman
  

Kredit