Halo, Millenialis!

Enggak kerasa kan ya bulan Ramadhan udah ada di depan mata, makin sibuk deh ngejadwal kapan kita buka bersama bareng temen temen sekarang, temen SMA, kolega bahkan sampe keluarga sendiri. Rasanya kurang kalau ngomongin Ramadhan enggak menyinggung soal gimana surga kuliner yang cuma muncul satu tahun sekali itu. Udah enggak sabar kan buka puasa dengan makanan-makanan enak itu? Eh tapi jangan kalap ya! Yuk, kita tengok pasar-pasar kuliner yang bisa kamu datengin di berbagai daerah di Indonesia, siapa tahu ada di daerahmu:

1. Pasar Ramadhan Kauman, Yogyakarta

Seperti yang kita tahu, enggak cuma Yogya yang punya kampung Kauman tapi beberapa daerah lain di Jawa juga. Sama seperti Pecinan, Kauman sendiri adalah perkampungan umat Islam atau daerah tertentu yang dihuni oleh umat Islam yang biasanya dekat dengan alun-alun, Kauman sendiri terpercaya berasal dari kata Pakauman. Nah, kalau kamu punya kesempatan atau tinggal di Yogya bisa banget nih pergi ke Pasar Ramadhan Kauman. Mereka biasanya udah mulai gelar lapak pada pukul tiga sore, berapa banyak jajanannya? Beuh, dari ujung gang sampe ujung gang keluarnya enggak habis habis! Pasar yang bertempat di Jalan Ahmad Dahlan ini sudah ada sejak tahun 1980-an, selain ada jajanan modern, ada juga jajanan khas tempo dulu yang legendaris kayak kicak ketan sama kacang kumbo. Tunggu apa lagi, yekan?

2. Kampung Jawa, Bali

Buat orang Bali khususnya Denpasar familiar banget dengan kampung Jawa. Sama kayak Kauman, daerah Denpasar Utara punya tempat untuk orang orang yang beragama Islam disana walaupun disebut kampung Jawa, mayoritas penduduk malah berasal dari Madura, NTB, Sulawesi hingga Sumatera. Kampung yang aslinya bernama Wanasari ini menawarkan jajanan unik yang diserbu banyak orang ketika bulan Ramadhan salah satunya adalah sate susu sapi! Susu sapi? Iya, sate susu sapi ini terkenal dan cuma ada satu-satunya di Kampung Jawa, bentuknya yang kotak kotak dan rasa bumbunya dimana merupakan perpaduan bumbu Bali yang pedes pedes gitu ditambah bumbu Jawa yang manis. Hmmm… wih gilasih enak banget dan hanya ada waktu Ramadhan. Kalau kalian lagi berkunjung ke Denpasar dan bingung mau kulineran Ramadhan y x g kuy dimana, jangan lupa langsung aja ke Masjid Baiturrahmah, Kampung Jawa tapi jangan jam 12 siang juga loh, inget bukanya mulai jam 4 sore. Oke?

3. Pasar Takjil Bendungan Hilir, Jakarta

Kawasan Bendungan Hilir atau Benhil emang surganya kuliner Jakarta Pusat. Mau pagi, siang, sampai malem mau makan, disana ada apa aja deh. Harganya juga cukup bervariasi tapi jangan dibandingin ya sama harga dua pasar yang udah kita sebutin diatas, pastinya beda dong kebutuhan di Jakarta dan di tempat lain. Harganya pun bervariasi misalnya nih kolak mulai dijual diharga 10.000 sedangkan makanan kecil kecil alias jajan kenyang tanggung mulai dari kisaran 2.000-an. Enggak cuma pedagang yang berasal dari Jakarta aja loh, ada juga pedagang pedagang dari Jawa Barat yang khusus dagang di Benhil waktu Ramadhan. Semoga rejekinya tetep lancar ya Bapak-Ibu!

4. Pasar Ramadhan, Sampit

Nah buat Millenialis yang tinggal di Kalimatan Tengah terutama di Sampit nih, kalau misalnya jalan jalan ke Taman Kota pasti dong udah bisa menemukan lokasi Pasar Ramadhan Sampit yang diadain setiap tahun ini. Berbeda dengan pasar pasar kuliner diatas, Pasar Ramadhan Sampit bentuknya lebih ke food bazaar, dia lebih terbuka dibanding yang lain. Banyak kue kue yang ditawarkan contohnya aja, bingka, kue lapis, putu mayang sampai amparan tatak adalah kue-kue tradisional. Meski dapat ditemuin selain bulan Ramadhan, enggak masalah kok kamu mau mencicipi kemanisan kue bingka yang selain manis juga enak dan lembut! Kuy!

Setelah tahu empat pasar Ramadhan yang ada, mana nih yang mau kamu kunjungin duluan? Jangan lupa ya buat buka puasa secukupnya ntar ada deh cerita kamu kekenyangan sampe enggak kuat berdiri. Oke? Selamat berpuasa!