Halo Sobat Milenialis! Pemilu 2019 tinggal besok, nih. Selain harus menyalurkan hak suara, tentunya kita juga perlu tetap up-to-date dengan hasil pemilihan. Terutama mengetahui suara calon-calon dan partai pilihan kita. Nah, buat kamu yang segera banget pengen tahu hasil pemilu, berikut ada beberapa metode yang bisa menyajikan hasil pemilu dengan segera untuk kita.

1. Exit Polls
Metode ini digunakan oleh beberapa stasiun televisi nasional. Cara kerjanya adalah pemilih diwawancarai secara acak setelah menyalurkan suaranya di TPS. Kemudian hasil wawancara digabungkan dan dihitung sehingga memunculkan persentase suara.
Exit polls menargetkan pemilih, membuat proses pengambilan data nggak butuh waktu lama. Biasanya, sebelum waktu pemilihan berakhir, exit polls sudah keluar hasilnya. Namun, kelemahan dari exit polls ini adalah tingkat akurasi yang rendah sehingga tidak bisa diandalkan untuk mengetahui hasil pemilihan secara nyata.

2. Real Count

Metode ini menggunakan 100% hasil penghitungan dari TPS di seluruh wilayah tempat pelaksanaan Pemilu. Karena data yang digunakan adalah keseluruhan hasil di setiap TPS, maka real count ini sangat mendekati kebenaran. Baik persentase maupun jumlah suaranya. Mungkin cuma berbeda sedikit dengan rekapitulasi resmi yang dilakukan KPU sebelum mengesahkan hasil Pemilu.

Namun, real count yang melibatkan 100% TPS ini memiliki kelemahan. Antara lain kelemahan dari sisi waktu, karena real count baru dapat diselesaikan umumnya pada malam hari, setelah penghitungan suara di seluruh TPS selesai. Belum lagi daerah terpencil yang sulit dijangkau sinyal komunikasi. Pasti membuat keluarnya hasil real count lebih lama lagi, tuh.

3. Quick Count

Quick count adalah metode untuk mengetahui jumlah suara dengan segera setelah penghitungan suara. Caranya adalah dengan memilih TPS untuk dijadikan sampel secara acak. Kemudian hasil dari TPS sampel disampaikan sesegera mungkin setelah penghitungan suara selesai. Meskipun menunggu penghitungan suara, namun quick count biasanya dapat selesai pada sore hari. Karena tidak 100% TPS diambil datanya, melainkan hanya sampel.

Meskipun tidak semua TPS menjadi sumber data quick count, namun sesuai kaidah statistika dapat disimpulkan bahwa quick count ini cukup mendekati kebenaran, lho. Dalam hal persentase, hasil quick count pasti nggak jauh-jauh dari hasil real count ataupun rekapitulasi resmi dari KPU. Mungkin yang membedakan hanya jumlahnya saja. Hasil bisa meleset jika selisih suara terlalu sedikit.

Yang penting, pastikan organisasi pelaksana quick count ini kredibel, ya. Pelaksanaan quick count yang kredibel pasti bakal mengantarkan pada hasil yang akurat. Jangan khawatir, data hasil quick count biasanya tersebar luas mulai dari televisi nasional, koran, portal berita, sampai media sosial.

Setelah mengetahui metode-metode tersebut, kamu bakal pilih yang mana untuk memantau Pemilu? Selamat mengawal hasil dan mengawal calon pilihanmu jika terpilih. Pasti nggak sabar, kan, mengetahui pemimpin dan perwakilan rakyat selanjutnya?

Penulis: Nabhan Mudrik