Diskon menjadi salah satu kenikmatan sendiri bagi saya si konsumen sejati, yaiyalah siapa juga yang enggak suka diskon. Walaupun sebetulnya itu cuma permainan harga dari pemilik produk atau toko, tetap saja. Saya tipe yang gampang diiming-imingi. Pokoknya kalau diskon saya harus berhasil beli barang di tempat yang sudah diincar. Penyakit ini tentu sangat bisa disalahkan untuk saya yang enggak tahu mau ngapain kok tiba-tiba udah checkout barang di toko online aja.

Sayangnya, kali ini saya enggak bakal nyuruh kamu repot-repot untuk beli sesuatu yang sekiranya cocok untuk menikmati aktifitas selama kamu di rumah. Sebaliknya, saya malah akan merangkum hal-hal yang enggak bisa kita beli saat hari Konsumen Nasional meskipun banjir diskon:

 

1. Validasi

Duh, sebenernya normal enggak sih meminta validasi dari orang lain? Ya kamu cukup normal kok, karena sebagai manusia menurut saya kita emang pengen aja diakui walaupun sedikit aja oleh lingkungan dan teman-teman. Sayangnya nih gan, mau kamu cari dimanapun enggak ada namanya validasi bisa dibeli pake uang. Wah, sedih banget sih. Kalau bisa pun paling-paling juga sementara.

 

2. Afeksi

WHO sudah menyarankan kita untuk saling menjaga jarak dan untuk sementara tidak melakukan kontak fisik kepada orang-orang dari luar tempat tinggal kita. Sedih juga berpisah sementara dengan kekasih, tetapi lebih sedih lagi jika faktanya kamu tidak punya kekasih. Santai saja, kamu masih bisa kok mendapatkannya dari keluarga atau orang-orang yang berada satu rumah denganmu. Buat yang haus afeksi banyak-banyak berdoa saja semoga orang yang kamu taksir setidaknya tanya kabarmu atau menanggapi pesanmu di groupchat. Tapi inget, yang satu ini juga nggak bisa di-checkout dari shopee.

 

3. Privilege

Sukses diusia muda kenapa tidak? Iya iya ngab, tapi mohon maaf nih orangtua saya juga bukan bapak sampeyan. Jadi suksesnya di waktu yang tepat saja, hehehe. Privilege tentunya enggak bisa dibeli dengan uang, apalagi buat saya yang ibaratnya masih di level kroco ini. Masalahnya nih gan, privilege terbesar didapatkan dari garis keturunan dari siapa kamu lahir, coba kamu cek jangan-jangan sebenernya diantara kita nih ada yang punya tapi enggak sadar aja. Loh, kita sekarang bisa ongkang-ongkang di rumah tuh juga termasuk privilege loh!!!1!!! Jangan salah.

 

4. Ketenaran

Buat dikenal oleh orang banyak memang butuh proses yang panjang. Tenar disini enggak main-main loh, tenar yang sampai orang tahu wah ini dia si X!! pendapatnya pasti valid!! di sosial media. Salah satu cara untuk mendapatkannya secara instan sih paling-paling ya jadi buzzer politik aja gan. Tapi itu artinya bukan kamu yang beli, tapi dibeli sama orang. Mentok-mentok banget bayar followers, itupun sama sekali nggak menjamin kamu jadi tenar.

 

Dari empat hal barusan bisa kamu renungi mana yang ternyata kamu udah punya –walaupun self-proclaim juga enggak apa-apa, dan mana yang kamu ingin dapatkan. Gausah pusing kalau enggak punya, sepanjang kita bahagia dengan hidup ya sudah jalani aja.

Nah, karena kebetulan hari Konsumen Nasional nih, kamu bisa membeli barang-barang yang bisa kamu masukkan ke keranjang belanjaan dengan cara mengecek di toko-toko daring kesayanganmu. Lumayan kalau ada diskon sih, itu saran saya.

 

Penulis: Saraswati Nur. D

Ilustrator: Ni’mal Maula

Kredit

,