Salah satu makanan yang khas dan paling dicari kaum Muslim di seluruh dunia di bulan Ramadhan adalah buah kurma atau memiliki nama latin dactylifera phoenix. Sebegitu spesialnya buah yang satu ini dipandangan Rasulullah. Bahkan beliau cukup berbuka dengan satu sampai dua butir kurma saja disaat puasa di bulan Ramadhan. Nah, millenials tahu ngga sih kalau ternyata buah yang satu ini banyak banget manfaatnya bagi tubuh kita, penasaran kan? Yuk langsung aja kita bahas manfaatnya ya!

  1. Kurma, adalah pilihan buah yang tepat saat Kamu berpuasa, baik itu saat Ramadhan ataupun puasa sunnah.

Kurma mengandung banyak sekali vitamin dan mineral. Ia termasuk buah  sangat kaya serat, lemak dan protein. Mengandung natrium, kalium, kalsium, magnesium, besi, belerang, fosfor dan klorin, serta vitamin A, beta-karoten, B1, B2, B3, dan B6. Beberapa manfaat dari vitamin dan mineral dalam buah ini baik untuk tubuh manusia normal, terutama wanita yang hamil.

Bahkan ia adalah satu-satunya makanan terbaik untuk puasa yang direkomendasi langsung oleh Nabi. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassallam:

إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ فَإِنَّهُ بَرَكَةٌ

“Jika salah seorang diantara kalian berbuka puasa maka makanlah buah kurma karena ia mengandung keberkahan.” (HR Abu Daud).

  1. Mau menyembuhkan Mata minus dan menghindari risiko kanker? Mengkonsumsi kurma adalah tipsnya!

Banyak manfaat kesehatan dalam buah kurma. Penelitian menunjukkan kurma sebagai cara yang diakui untuk mengurangi risiko dan dampak dari kanker abdomen.

American Cancer Society pernah merekomendasikan asupan serat 20 hingga 35 gram per hari dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi kurma. Menurut rekomendasi ini, dengan mengkonsumsi 1 buah kurma per hari dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan mata seumur hidup karena kurma dikenal efektif melindungi mata dari rabun senja.

  1. Makan Kurma bisa juga membuatmu gampang merasa kenyang, jadi Kamu ngga bakalan deh makan dengan porsi yang overload!

Pada Kurma, didalamnya terkandung vitamin yang sangat mencukupi untuk tubuh, selain itu juga terkandung mineral seperti selenium, magnesium, tembaga dan beberapa kandungan lainnya.

Jadi begitulah keistimewaan buah kurma dengan berbagai macam khasiat dan manfaat yang terkandung di dalamnya. MashaAllah ya.

Penulis: Nadhifah Azhar

Ilustrator: Mohammad Ni’mal Maula