Hai guys! Kalian memiliki segudang kegiatan diluar kelas-kelas formal yang menjadikan waktu belajar kalian berkurang? Eitss… jangan khawatir ya! Beraktifitas positif seperti ikut seminar, berorganisasi dan mengembangkan hobi tidak melulu mengganggu kualitas belajar kita kok. Nah, yuk simak beberapa tips belajar powerful yang dikutip dari buku karya Hilman Latief “gerbang Para Pemimpi” untuk kamu yang punya segudang aktifitas:

  1. Fokus pada penjelasan guru/ dosen.

Memperhatikan dengan sungguh-sungguh dan fokus saat guru atau dosen memberi materi. Dengan fokus saat pembelajaran di kelas, menjadikan kita bisa menangkap konsep materi yang disampaikan. Sehingga kita tidak perlu mengulasnya dengan lengkap, dan bisa me-reviewnya dengan lebih ringan karena sudah paham inti pelajaran.

  1. Baca, baca, dan baca!

Jangan  remehkan kegiatan ini, meski memiliki waktu yang singkat usahakan untuk membaca. Misalkan di sela-sela menunggu janjian hangout bareng dengan teman. Menunggu dimulainya rapat oranisasi, menunggu di halte atau bahkan dalam perjalanan menggunakan kendaraan umum.

Membaca 1-2 halaman buku (terlebih yang berkaitan dengan mata  pelajaran / mereview) di waktu-waktu tersebut mampu meringankan tanggungan belajar kita lho guys. Jangan lupa selalu membawa buku bacaan ya, sobat Milenialis.

  1. Disiplin diri dan kendali waktu

Belajar efektif tidak bisa dipraktekkan dengan baik tanpa disiplin diri dan kendali waktu yang baik. Pada masa-masa studi sangat penting agar proses belajart berlangsung efektif dan kita dapat emamnfaatkan waktu sebaik-baiknya. Jangan sampai kita keasyikan bermain sosial media diabanding dengan membaca, dan mereview pelajaran.

 

Penulis: Sifa Lutfiyani Atiqoh