Selama pembelajaran daring, satu hal yang mungkin susah untuk diamati oleh guru adalah catatan siswa selama pembelajaran. Apakah semua siswa membuat catatan selama pembelajaran berlangsung atau hanya sebagian siswa saja yang mencatat? Apakah siswa yang mengaktifkan kamera ataupun yang tidak mengaktifkan kamera pada saat pembelajaran daring mencatat penjelasan yang diberikan oleh guru? Oleh sebab itu, mungkin Cornell Note System bisa dijadikan cara alternatif dalam masalag tersebut.

Salah satu solusi untuk memantau apakah siswa benar-benar memahami apa yang telah diberikan oleh guru adalah dengan mencoba menggunakan metode mencatat efektif “Cornell Note System”. Metode ini dapat digunakan siswa di tingkat SMA maupun mahasiswa. Untuk siswa di tingkatan lebih rendah, mungkin dapat dimodifikasi agar sesuai dengan tingkat berpikir siswa.

Metode mencatat efektif ini dikemukakan pertama kali oleh Walter Pauk, seorang professor di Cornell University. Metode pencatatan ini diuraikan di buku best seller-nya bersama rekannya yang berjudul How to Study in College, Chapter 10: The Cornell System: Take Effective Notes.

Metode Cornell Note System

Bagaimana metode ini dapat membantu siswa dalam membuat catatan yang ringkas? Berikut ini langkah-langkah menerapkan metode mencatat efektif dengan “Cornell Note System”:

  1. Siswa membagi kertas catatan menjadi dua kolom. Kolom pencatatan/notes column (berada di bagian kanan) ukurannya dua kali dibandingkan ukuran kolom pertanyaan atau kata kunci (recall column) di bagian kiri.
  2. Catatan selama pembelajaran yang dituliskan di kolom pencatatan, biasanya terdiri dari poin-poin penting atau konsep dari materi pelajaran yang dijelaskan oleh guru. Hindari kalimat panjang dalam kolom pencatatan, lebih disarankan untuk menggunakan simbol atau singkatan. Berikan beberapa ruang antara poin yang satu dengan lainnya. Bagi para siswa yang mempunyai gaya belajar visual, pada bagian notes column dapat menggunakan warna berbeda untuk setiap topik, atau menggunakan warna berselang-seling. 
  3. Recall column berisi kata kunci atau pertanyaan-pertanyaan yang kemungkinan terlintas di pikiran siswa selama pembelajaran berlangsung. Siswa dapat berusaha menjawab sendiri pertanyaan-pertanyaan tersebut pada saat mereview materi. 
  4. Bagian bawah diberikan tempat untuk menuliskan ringkasan (summary) dari materi yang telah dijelaskan oleh guru. Bagian ini juga dapat divariasikan dengan menambahkan refleksi siswa terhadap materi pelajaran yang telah diberikan.
  5. Variasi yang dapat guru gunakan dalam penerapan metode mencatat efektif ini adalah dengan memberi waktu bagi siswa sekitar 90 detik di kegiatan penutup untuk melihat catatan mereka secara sekilas. Kemudian siswa dapat memilih konsep-konsep yang menurut mereka paling penting dengan menandainya menggunakan stabilo atau pulpen berwarna, melingkari kosa kata baru yang ada, dan cara lainnya.
Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Cornell_Notes
Sumber: https://www.pinterest.com/Nedenders2/note-taking-tips/

Manfaatnya

Berikut ini beberapa manfaat dari “Cornell Note System” yang penulis rangkum dari berbagai sumber:

  1. Membantu siswa mencatat konsep-konsep penting pada saat guru menjelaskan materi.
  2. Melatih siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
  3. Membantu siswa mengingat konsep-konsep penting dengan lebih baik. Siswa mampu menyerap informasi selama pembelajaran dengan lebih cepat.
  4. Membantu siswa dalam memilah apa saja yang perlu atau tidak perlu dicatat selama mendengarkan penjelasan materi pelajaran oleh guru.
  5. Membantu siswa ketika akan menghadapi ujian akhir semester yang harus membaca ulang kembali materi-materi di awal semester.
  6. Metode mencatat ini juga dapat digunakan sebagai catatan ringkas pada saat membaca buku, mendengarkan video pembelajaran, mengikuti workshop, dan sebagainya.
  7. Membantu siswa belajar secara aktif dengan membuat ringkasan catatan dari materi yang dijelaskan oleh guru.

Silahkan mencoba metode mencatat efektif ini, semoga dapat membantu lebih memahami materi pelajaran atau bahan belajar lainnya. Para guru juga dapat mencoba menerapkan metode mencatat efektif Cornell Note System ini untuk meringkas materi webinar maupun pelatihan-pelatihan online yang banyak diadakan selama masa pandemi.

Selamat mencoba!