Per tanggal 9 Juni 2020, restoran cepat saji McDonald mengeluarkan paket super spesial. Bukan paket panas spesial yang pake telur, yang kali ini paket super spesial pake oppa-oppa korea. Bangtan Boys atau BTS, boyband “terbaik” ini bekerja sama dengan McDonald mengeluarkan paket super spesial yaitu BTS Meal. Yang spesial bukan isinya, isinya mah b aja. Cuma cola, kentang goreng sama chicken nugget. Yang spesial adalah packagingnya yang terdapat logo BTS dan berwarna ungu yang merepresentasikan warna fandom atau fans dari BTS, Kopassus ARMY.

Di jagat media sosial, ARMY ini udah seperti buzzernya pemerintah BTS. Pokoknya semua takut sama UU ITE ARMY. Saking fanatiknya, ARMY ini bisa membuat gelombang isu sampai tren sendiri —sama kan kayak buzzer yang itu. Gelombang itu muncul ketika McDonald mengumumkan paket spesial BTS x McDonald, secara otomatis ARMY berbondong-bodong menunggu untuk memborong paket ini. Too Much Information (TMI), Mama saya yang ga paham apapun soal Korean wave dan BTS bisa-bisanya ikut nyetatus senang dengan BTS Meal —kayaknya besok mama saya jadi ARMY.

Namun, setelah hari pertama paket BTS Meal dijual banyak perdebatan pro dan kontra terhadap gelombang ini, mulai dari ARMY-nya sendiri, Ojek Online (Ojol), Haters, K-popers, Wibu, Atta Halilintar, Reza Arap, buzzer pemerintah, SJW, dan masih banyak lagi. Banyak yang menyoroti panjangnya antrian di McDonald hingga menimbulkan kerumunan, banyak ojol yang senang, dan drama-drama lain yang terus digoreng di media sosial. Tapi, mari kita lihat bagian positifnya saja. Siapa-siapa saja sih yang diuntungkan dengan adanya kejadian ini?

BTS-BIG HIT-McDonald

Oh, tentu saja ketiga pihak ini mendapatkan cuan yang besar. Bayangkan saja gelombang BTS Meal ini ada di 50 Negara. Kalo satu negara mendapat keuntungan lebih dari 1 Triliun, dikalikan 50 negara pasti lebih besar dari uang korupsi Bansos.

McDonald memang cerdas menciptakan gelombang trend. Setelah sebelumnya menciptakan trend chocopie dicampur dengan Mcflurry yang rame di Tiktok dan orang berbondong-bondong mencoba paduan dua menu tersebut. Apalagi sekarang menggandeng boyband kelas BTS, yang menjadi brand ambassador Tokopedia juga —tokopedia pasti cuan besar juga.

Ojol

Karena BTS Meal hanya bisa dipesan lewat Drive thru, Mcdelivery, Gofood, Grabfood, dan Shopeefood. Sudah pasti menguntungkan petinggi perusahaannya abang-abang ojol. Di twitter bertebaran pula kisah-kisah bahagia dari para ojol yang mengantri BTS Meal, mereka merasa bersyukur karena mendapat orderan dibanding biasanya yang sepi orderan

ARMY

Dengan Rp51.000, ARMY udah bisa dapet koleksi BTS. Album BTS yang biasa seharga 600 ribuan, lalu photocard yang dijual kisaran ratusan ribu jelas BTS Meal harganya sangat terjangkau.

Atta Halilintar, Ria Ricis, Reza Arap, Gofar Hilman, dan Danarjon

Jagat twitter pada tanggal 8 Juni sampai 9 Juni pagi masih ramai dengan diskusi-diskusi tentang perseturuan antara Atta Halilintar dan Reza Arap, Ria Ria Ricis yang ngonten waktu alm. ayahnya meninggal, dan yang terakhir tentang pelecehan seksual yang dilakukan Gofar Hilman dan Danarjon. Namun, mereka menghilang karena tren BTS Meal naik. Mereka jelas diutungkan dengan pembahasan dan diskusi-diskusi terkait kasusnya yang meredup.

Jadi kira-kira trend BTS Meal ini bakal selama dan serame es kepal milo atau hanya sebentar kayak clubhouse ya?
cheers

Editor: Nawa

Gambar: nomnomkiyow