Sulawesi Utara terkenal memiliki banyak keindahan destinasi wisata yang tiada tandingannya. Setiap sudut wilayah menawarkan panorama yang apik baik di gunung, danau, laut, maupun pantai.

Ketika ingin berlibur ke Sulawesi Utara, pastinya kita ingin sekali mengunjungi Pulau Bunaken. Pulau yang sangat terkenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pulau Bunaken memang menawarkan keindahan aneka ragam biota laut sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan terutama pecinta snorkeling.

Sebenarnya Sulawesi Utara memiliki banyak destinasi wisata dengan spot snorkeling yang tak kalah menarik dengan Pulau Bunaken, namun tempat tersebut jarang diketahui oleh wisatawan.

Sebut saja Pantai Batu Angus, pantai ini berjarak 50 km dari ibu kota Sulawesi Utara, kota Manado yang terletak di cagar alam Gunung Dua Saudara tepatnya di Kasawari, Aertembaga, kota Bitung, Sulawesi Utara.

Pantai Hidden Gem untuk Snorkeling

Perjalanan menuju pantai Batu Angus memakan waktu satu jam dari pusat kota Bitung, melewati perkampungan dengan jaringan provider yang terbatas.

Sehingga diharapkan bagi wisatawan yang ingin tetap menggunakan jaringan seluler secara lancar harap mengecek terlebih dahulu provider yang tepat untuk digunakan di wilayah ini.

Sebelum memasuki wilayah pantai Batu Angus, wisatawan wajib melapor terlebih dahulu sekaligus membayar karcis di pos penjagaan sebesar Rp 5.000,-

Mungkin kamu suka:   Mengenal Sindrom Mythomania, Kebiasaan yang Membuat Seseorang Kecanduan Berbohong
-->

Setelah membayar karcis masuk, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju lokasi parkir yang jaraknya tidak jauh dari pos penjagaan tersebut.

Di sepanjang perjalanan menuju area parkir kamu akan disuguhi perbukitan dengan hamparan ilalang yang begitu tinggi seperti perbukitan Teletubies serta wilayah parkir yang ditawarkan di pantai Batu Angus pun cukup luas sehingga kamu tak perlu khawatir kehabisan lahan parkir ketika mengunjungi wilayah ini.

Biaya parkir yang ditawarkan untuk kendaraan roda dua sebesar Rp 5.000,- dan mobil dikenakan biaya Rp 10.000,- cukup terjangkau kan!

Perjalanan Panjang Mengesankan

Setibanya di lokasi para wisatawan belum bisa menikmati langsung keindahan panorama pantai Batu Angus, karena masih perlu melanjutkan perjalanan sekitar satu km menuju bibir pantai.

Untuk kendaraan roda dua tidak memerlukan waktu lama menuju bibir pantai, karena masih bisa berkendara melewati jalan setapak.

Sedangkan jika menggunakan kendaraan roda empat, kamu harus berjalan kaki terlebih dahulu melewati hutan lindung serta perbukitan yang terbentuk secara alami.

Disini kamu juga bisa melihat beberapa bongkahan batu serta kerikil berwarna hitam legam seperti hangus terbakar yang tersebar di sepanjang perjalanan.

Dok pribadi

Perjuanganmu belum sampai disini saja ya sob, setibanya di bibir pantai, kendaraan roda dua sudah tidak bisa lagi dibawa menuju ke area snorkeling karena harus berjalan kaki melewati tebing karang yang jaraknya tidak jauh dari bibir pantai.

Setelah itu kamu harus menyeberangi muara terlebih dahulu menggunakan rakit sederhana dengan biaya yang cukup murah Rp 5.000,- per orang.

Disini kamu akan melihat eksotisme pantai Batu Angus, beragam biota laut bisa dilihat dengan mata telanjang di air laut yang berwarna biru jernih.

Dok pribadi

Area Snorkeling Pantai Batu Angus

Area snorkeling Pantai Batu Angus begitu unik karena kamu tak perlu khawatir dengan goncangan ombak ketika berenang di wilayah ini.

Perairan di lokasi ini didesain secara alami dikelilingi oleh batuan hitam berbentuk kolam serta terlihat beberapa batuan ditumbuhi oleh pohon bakau sehingga hal ini membuat air di area snorkeling menjadi lebih tenang.

Banyaknya ikan berwarna warni dan terumbu karang yang akan memanjakan mata para pengunjung yang menikmati indahnya bawah laut Pantai Batu Angus, namun perlu diperhatikan pengunjung dilarang membawa ataupun menangkap ikan di wilayah ini walaupun ikan-ikan di perairan tersebut terlihat sangat menarik.

Perlu diketahui bahwa wilayah ini merupakan wilayah konservasi taman wisata alam yang secara langsung berada dibawah pengelolaan Dirjen Perlindungan Hutan Dan Konservasi Alam Kementrian Perhutanan.

Tak perlu khawatir dengan perut keroncongan di tempat ini tersedia beberapa warung menyuguhkan aneka jajanan yang bisa mengganjal perut seperti nasi campur, pisang goreng, dan aneka minuman yang dapat menghangatkan tubuh.

Selain itu, bila kamu tak memiliki perlengkapan berenang tempat ini juga menyediakan penyewaan mulai dari pakaian renang, alat snorkeling hingga pelampung dengan harga yang cukup terjangkau.

Dok pribadi

Untuk kamu yang enggan menikmati spot snorkeling, tempat ini juga menyediakan berbagai fasilitas lainnya seperti berfoto di atas perahu kaca, berjalan jalan diatas jembatan biru atau sekedar berkeliling menggunakan transportasi perahu menuju Tugu Tarsius sambil memandang luasnya samudra.

Itulah tadi ulasan betapa indahnya pantai hidden gem untuk snorkeling, yakni pantai Batu Angus.

Semoga bermanfaat ya sob!

Gimana sudah tertarik mengunjungi pantai Batu Angus? Jangan lupa untuk liburan ya!

Editor: Lail

Gambar: Dok Pribadi