Untuk merayakan Hari Pertahanan Sipil sepertinya terlalu berat kalau misalnya saya nulis soal sejarah panjang peringatan hari ini. Satu-satunya cara yang saya bilang cukup ampuh untuk memperingati hari ini adalah mengingat deretan tokoh-tokoh Hansip atau Pertahanan Sipil sebagai lambang figur yang seharusnya selalu sigap serta melindungi masyarakat. Hah emang ada hansip jaman sekarang?

Tenang, pasalnya, seumur-umur saya yang terbilang sudah cukup lama hidup saya belum pernah tuh melihat ada bapak Hansip ada di tempat tinggal saya. Satu-satunya sumber yang kredibel tentang sosok hansip ya hanya bisa saya temukan di sinetron Indonesia. Dan inilah hasil pengamatan saya selama menjadi penonton dari televisi Indonesia. Silakan dicek, siapa tahu kalian belum kenal.

 

1. Udin Nganga

“Memang udah waktunya lu  pergi haji Zam. Lu orang mampu”.

Hansip yang satu ini dikenal lewat serial Ramadhan Para Pencari Tuhan. Entah apa yang menyatukan semua hansip di sinetron Indonesia selain persamaan logat Betawi pinggiran yang kental dan sama-sama suka menipu tokoh lain. Selama delapan season, Udin Nganga saya akui tampil secara konsisten menjadi seorang hansip di sinetron khusus Ramadhan ini. Tak hanya sendiri, Udin selalu kompak bersama Asrul membuat kelucuan di setiap episode, mulai dari menipu Djalal dengan menuliskan lafadz ‘Allah’ pada kelinci sampe ngaku didatangi malaikat untuk diajak pergi haji.

 

2. C.A.I

Menjadi petugas keamanan tentunya memang tidak mudah bahkan terasa sangat berbahaya dan memberatkan. Tenang aja, trio C.A.I alias Adun, Irod, Aming siap menjaga keamanan desa Ciraos dari segala marabahaya. Enggak main-main, Aming yang bertugas sebagai pendiri C.A.I ini punya tugas yang berat banget yaitu mengawasi orang-orang yang dianggap sebagai KGB alias Konspirasi Global Bergabung yakni sebuah konspirasi agar generasi TKI di desa Ciraos tidak punah. C.A.I ini bisa dikatakan sebagai a whole new level hansip di sinetron, coba bayangin siapa lagi hansip yang punya lambang dan seragam super keren yang kamu bisa konveksi sendiri selain C.A.I? Gak ada, gan.

 

3. Bokir

Karena kehabisan stok di sinetron, sekarang kita pindah saja langsung ke film. Bokir ini salah satu hansip paling melegenda yang pernah ada di industri hiburan Indonesia. Penampilan yang paling enggak bisa dilupakan adalah saat beradu akting dengan Suzanna lewat film Sundel Bolong dimana Bokir memerankan hansip sok jagoan yang menantang Sundel Bolong datang. Selain Sundel Bolong, Bokir juga berakting di Malam Jumat Kliwon serta Telaga Angker bersama Dorman Borisman yang menjadi hansip.

 

4. Dorman Borisman

Sebagai komedian seperti Bokir, Dorman memang cocok untuk memerankan tokoh hansip dengan tujuan agar film horor yang ia perankan enggak kerasa serem-serem amat. Di film ‘Telaga Angker’, Dorman mengajak Suzanna pergi berdua ke telaga namun sayangnya Suzanna malah berubah wujud menjadi sundel bolong dan membuat Dorman berlari ketakutan.

 

Nah demikian sosok-sosok hansip yang kamu harus ketahui. Sekiranya memang enggak ada yang kamu kenal mungkin selera kita dalam nonton televisi berbeda, hapunten kalau begitu. Mungkin, ada tokoh-tokoh hansip baru yang saya sudah tidak kenal lagi karena saya juga sudah jarang nonton televisi. Selamat Hari Pertahanan Nasional kalau begitu! Jangan lupa mempertahankan kewarasan di tengah pandemi ini!

 

Penulis: Saraswati N. D

Ilustrator: Ni’mal Maula

Kredit