Hai bestie, siapa nih disini yang sudah semester tua? Semester tua yang dimaksud antara semester 6 menuju ke semester 7.

Di semester ini kebanyakan kampus mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). KKN ini wajib diikuti oleh mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan dari pihak akademik kampus.

Selain itu, KKN juga termasuk dalam mata kuliah dan memiliki bobot sks tergantung kampus masing-masing ya. Oh iya, KKN itu ngapain sih?

KKN itu kalian terjun langsung ke masyarakat dan melakukan pengabdian kepada masyarakat. Sehingga ilmu-ilmu yang kalian pelajari saat di bangku perkuliahan dapat digunakan dan diterapkan saat KKN.

Nah, karena aku juga semester tua dan sekarang akan KKN. Aku akan berbagi kepada kalian, apa saja persiapan KKN. Yuk simak artikel di bawah ini dan baca hingga selesai. Let’s go!

Mengikuti Pembekalan dari Kampus

Karena KKN seperti program tahunan dari kampus dan yang mengadakan kampus, maka kalian harus mengikuti pembekalan dari kampus.

Tujuan pembekalan agar kalian bisa merencanakan program serta persiapan KKN selama 2 bulan ngapain aja dan tugas akhir dari KKN apa. Selain itu, pembekalan juga termasuk bobot penilaian dari KKN.

Saat pembekalan kalian akan diberitahu oleh pihak kampus akan mendapatkan cinderamata apa saja dari kampus, dan diberikan sedikit nasihat untuk menjaga diri dan niatkan KKN untuk mengabdi bukan mencari suami/istri.

Kemudian kalian akan diberikan sedikit metode pendekatan kepada masyarakat sehingga kalian mudah berbaur dengan masyarakat.

Persiapkan Fisik dan Mental

KKN biasanya diletakkan di wilayah yang terpelosok dan paling dalam sehingga jauh dari pusat keramaian dan perkotaan. Maka dari itu, untuk persiapan KKN kalian harus siap fisik dan mental.

Siap fisik artinya kalian harus belanja semua kebutuhan yang diperlukan saat KKN, sebagai antisipasi ketika jauh dari swalayan dan kalian memerlukan barang secara darurat.

Selain itu, kalian harus siap menyuci baju sendiri, memasak makanan sendiri, bersih-bersih tempat tinggal selama KKN.

Lalu, karena kalian berbaur dengan masyarakat kalian harus siap jika disuruh ini itu. Contohnya disuruh mengajar di SD, mengadakan lomba, mengadakan sosialisasi.

Capek sih wajar, tetapi perlu diingat kalian mengabdi dan membawa nama baik kampus, sehingga sebisa mungkin memaksimalkan saat KKN.

Apalagi saat KKN ada proker penunjang dan utama yang harus kelompok kalian selesaikan sesuai time line.

Untuk persiapan mental mungkin kalian selama 2 bulan harus rela tidur dengan keadaan sempit-sempitan dan beralaskan tikar/karpet. Karena tidak mungkin dong kalian KKN membawa kasur, nanti dikira minggat dari rumah.

Maka dari itu, kalian harus merelakan tidak tidur di kasur yang empuk dan nyaman serta harus bisa hidup tanpa sinyal.

Kemungkinan terburuk ketika kalian tidak ada sinyal, sulit untuk bucin dengan ayang, sulit untuk nonton film dan drakor, sulit untuk scroll media sosial.

Tapi, dinikmati aja karena KKN hanya sekali dalam perkuliahan dan anggap aja ini sebuah pengalaman yang bisa diceritakan kepada anak cucu.

Patuhi Semua Aturan

Karena KKN membawa nama kampus, maka kalian harus menjaga nama baik kampus. Kalian harus mematuhi semua peraturan yang ada di desa tempat kalian KKN, karena kita KKN disana hanya sebagai tamu.

Adab bertamu adalah sopan dan santun. Kita harus mau berbaur dengan masyarakat, jangan sombong karena kita mahasiswa. Kalian juga bisa bertanya kepada kepala desa pantang apa saja yang tidak boleh dilakukan disana, baik dalam hal perkataan, perbuatan maupun memasuki suatu tempat.

Minta Restu Orang Tua

Nah ini yang paling penting, dimana pun dan kapan pun kalian harus meminta restu orang tua. Tujuannya agar beliau mengetahui keberadaan kita dan bisa mendoakan kita agar terhindar dari bahaya.

Selain itu, dengan restu orang tua kita akan dipermudah dalam segala hal saat KKN. Jika kalian anak rantau, bisa meminta restu kepada orang tua melalui chat whatsapp. Kalian jangan hanya chat orang tua dalam hal meminta cuan saja. Hihihi

Gimana nih semester tua, are you ready for KKN this year? Selama niat KKN kalian baik, percayalah akan ada kemudahan. Selamat dan semangat KKN!

Editor: Lail

Gambar: Pexels