Blokir Netflix di Telkomsel dan IndiHome Resmi Dicabut!

blokir netflix
Gambar: Tech in Asia

Netflix adalah penyedia layanan media streaming digital terdepan di dunia maupun Indonesia saat ini. Netflix begitu digemari anak muda karena memiliki banyak film dan serial baik dalam maupun luar negeri yang dapat ditonton dengan tarif yang terjangkau banget. Namun, ketika layanan Netflix masuk ke Indonesia justru blokir untuk Netflix dilakukan oleh Telkomsel dan IndiHome.

Pada Januari 2016, layanan Netflix tersedia di Indonesia. Lalu di bulan yang sama Netflix diblokir oleh dua provider dar Telkom Group, Telkomsel dan IndiHome. Hal ini disinyalir terkait dengan persaingan di layanan streaming film dan penyesuaian dengan regulasi perfilman di Indonesia.

Sekian lama waktu berlalu, pengguna Netflix di Indonesia terus meningkat walaupun nggak bisa diakses lewat IndiHome maupun Telkomsel. Alternatif yang dipakai antara lain menggunakan provider selain keduanya, atau tetap menggunakan IndiHome dan Telkomsel tapi dilengkapi dengan VPN. Sampai pada Januari 2020 sebuah kejutan terjadi.

Pada Januari 2020, Netflix digandeng Kemdikbud RI untuk bekerja sama dalam pengembangan perfilman. Tapi ada yang janggal dalam hal ini. Kerja sama dilakukan namun blokir terhadap Netflix tetap jalan terus. Bahkan, sampai Juni 2020 ketika Netflix menayangkan konten-kontennya di TVRI sehubungan dengan program belajar di rumah, blokir jalan terus. Hal ini sampai membuat Milenialis.id tertarik menjadikannya konten dalam bentuk komik strip.

Blokir Netflix Resmi Dicabut

Wajar saja, karena di masa pandemi ini, pengguna Netflix makin menjamur. Netflix yang dianggap nyaman dipakai untuk menonton film, serial Barat, drama Korea, sampai dokumenter-dokumenter makin digemari anak muda Indonesia sambil rebahan di masa pandemi. Walaupun diblokir, tetap saja ada jalan mengakses Netflix oleh pengguna Telkomsel dan IndiHome.

Sampai kemudian di akhir Juni 2020 ada kabar yang menyatakan bahwa Telkom Group sedang bernegosiasi untuk pencabutan blokir terhadap Netflix. Akhirnya, hari ini, 7 Juli 2020 blokir untuk Netflix resmi dicabut. Dilansir dari Kompas.com (7/7/2020) Netflix dapat diakses di IndiHome sejak pukul 12.00 WIB dan di Telkomsel pukul 13.30 WIB.

Selamat menikmati, bagi kamu yang sebelumnya terdampak pemblokiran. Akhirnya pengguna Telkomsel dan IndiHome nggak perlu lagi pakai VPN yang identik dengan konten-konten mencurigakan, hehehe

Diterbitkan
Dikategorikan dalam Isu

Oleh Nabhan Mudrik Alyaum

CEO Milenialis.id. Fans karbitan Man United, Juventus, dan Real Madrid