Ciri Orang yang Suka Berhutang, tetapi Susah Bayar

Ciri Orang yang Suka Berhutang, tetapi Susah Bayar
Gambar: Medcom.id

Gimik orang ketika meminta tolong agar dipinjami atau berhutang pasti sangat memelas bahkan ada yang sampai menangis. Namun, apabila sudah jatuh tempo mereka tiba-tiba cuek dan seolah-olah tidak kenal. Ada juga yang tiba-tiba menghilang dan enggan mengangkat telepon. Atau kalau sudah kepergok ketemu, dengan santainya mengatakan “belum ada uang”.

Siapa yang tidak jengkel melihat orang yang berhutang kepada kita, tetapi gayanya seperti orang kaya, bawaannya mobil, rumahnya penuh barang-barang mewah, makannya senang di tempat-tempat mahal, dan hobinya jalan-jalan. Seandainya mereka tahu, betapa menyakitkannya menjadi orang yang tidak enakan untuk menagih hutang.

Orang yang suka berhutang itu seperti mempunyai penyakit. Mereka tidak suka membuat anggaran dan mudah menginginkan sesuatu meski tidak mempunyai uang. Jika kalian tidak ingin terjebak dengan orang-orang yang suka berhutang, tetapi susah untuk membayarnya, maka kenali ciri- ciri orangnya sebagai berikut:

Tidak Pernah Datang ke Rumah, Sekalinya Datang Langsung Berhutang

Jika kalian mempunyai saudara atau teman yang sudah sangat lama tidak bertemu, kemudian tiba-tiba datang ke rumah atau menghubungi lewat telepon dengan maksud untuk berhutang, maka lekas jawab “tidak bisa”. Orang seperti itu mempunyai kemungkinan yang sangat besar untuk susah mengembalikan uang yang dipinjam.

Hal tersebut dikarenakan biasanya orang yang datang ketika butuh saja adalah orang yang cenderung menguntungkan dirinya sendiri. Jadi, ketika mereka belum bisa mengembalikan, mereka akan cenderung cuek saja dan tidak mempunyai perasaan malu terhadap kita.

Punya Rekam Jejak Berhutang

Sebelum meminjamkan uang kepada orang lain maka mintalah jeda beberapa jam atau bahkan beberapa hari. Selain untuk berpikir, waktu tersebut digunakan untuk mencari informasi kepada saudara atau teman lain tentang karakter orang yang mau meminjam uang kita tersebut.

Kalau memang orang tersebut mempunyai riwayat suka berhutang pasti banyak orang yang pernah dipinjaminya dan mereka tahu apakah orang tersebut mudah mengembalikannya atau tidak. Jika orang tersebut adalah tipe orang yang suka berhutang  namun susah mengembalikan, maka jangan sekali-kali memberikan pinjaman apabila Anda tidak ingin bernasib sama.

Tidak Mau Menentukan Tenggat Waktu Membayar

Jangan tergoda dengan alasan dan sikap memelas dari si penghutang. Biasanya sikap itu hanya berlaku saat mereka hendak berhutang saja. Setelah mereka mendapatkan pinjaman, mereka akan bersikap biasa seolah tidak terjadi apa-apa.

Apapun alasan yang mereka gunakan pastikan ada jaminan waktu kapan pengembaliannya. Jangan sekali-kali memberi hutang kepada orang yang hendak mengembalikan ketika sudah punya uang. Orang seperti itu biasanya akan terlambat mengembalikan atau bisa jadi melupakan uang yang sudah dipinjam.

Orang yang Mempunyai Kebiasaan Buruk

Ciri-ciri orang yang susah untuk membayar hutang yang terakhir adalah orang yang mempunyai kebiasaan buruk tentang uang, seperti orang yang suka berjudi, boros, dan orang yang malas bekerja, tapi senang dengan barang-barang mewah. Jika kalian mempunyai teman atau saudara yang mempunyai kebiasaan buruk seperti itu, maka jawablah “tidak bisa”.

Orang yang mempunyai kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut pasti akan susah mengembalikan, karena uang yang mereka pinjam kemungkinan besar digunakan untuk hal-hal yang tidak berguna.

Oleh Mai Hamdati

Asal Lampung. Menyelesaikan pendidikan S1 sarjana sastra di UNY. Saat ini menjadi ibu rumah tangga sambil menulis.