Sobat Milenial, kenapa ya lebaran itu selalu makin cepat setiap tahunnya? Kenapa nggak sama aja gitu, misal kaya natal yang selalu diperingati setiap tanggal 25 Desember. Terus kenapa ya setiap mau lebaran orang-orang ribut lihat hilal (bulan baru)?

Millenialis mau ngasih tau jawabannya nih. Jadi, sistem penanggalan dalam Islam (kalender hijriah) dihitung berdasarkan siklus bulan (qomariyah). Hal tersebut yang membuat penanggalan kalender hijriah lebih pendek 11 hari dibanding kalender masehi (syamsiyah/matahari). Karena yang menjadi patokan adalah kalender masehi, sehingga rasanya siklus tahunan kalender qamariyyah menjadi selalu maju. Misalnya saja yang menjadi patokan adalah kalender hijriah, pasti akan terasa lebih stabil.

loading…

Nah terus, karena menggunakan siklus bulan, maka dapat diketahui kalau pergantian hari dalam Islam itu saat matahari tenggelam dan saat bulan muncul alias waktu maghrib bukan 00.00. Jadi jangan heran ya, kalau misal ada ribut-ribut tentang amalan hari jum’at tapi udah pada bikin reminder atau ngamalin waktu malam jum’at.