Alquran turun pada bulan Ramadhan dan Ramadhan menjadi bulan yang mulia.

Alquran diwahyukan melalui perantara Jibril dan Jibril menjadi pemimpin para malaikat yang dipercaya (ruh al-amin).

Alquran diwahyukan kepada Nabi Muhammad dan Muhammad menjadi manusia mulia.

Alquran turun pada malam lailatul qadr sehingga lailatul qadr menjadi malam terbaik, bahkan lebih baik dari seribu bulan (khoirun min alfi syahr).

Alquran turun sebagai petunjuk dan pedoman hidup umat Rasulullah sehingga umatnya menjadi umat terbaik (khoiru ummah).

Dan manusia dapat menjadi manusia terbaik bersama Alquran sebagaimana hadist riwayat Bukhori “Sebaik-baik manusia adalah orang yang belajar Alquran dan mengajarkannya”.

Halo sobat milenialis! Udah jadi pengetahuan umum dong, kalau bulan ramadan adalah bulan diturunkannya Alquran seperti yang sering diomongin ustadz-ustadz di atas mimbar. Tentu, sejalan dengan Qs. Al-Baqoroh ayat 185, kali ini milenialis mau mengungkap 5 fakta kalau Alquran bisa banget bikin apapun menjadi sesuatu yang mulia. Simak ulasan berikut ini ya!

1. Air

Prof. Masuro Emoto dalam bukunya yang berjudul “The Hidden in Water” berhasil menunjukkan 20.000 partikel air hasil penelitian yang dapat berubah-ubah sesuai dengan lingkungannya. Apabila lingkungan air tersebut baik, maka partikel air akan membentuk kristal yang indah tetapi jika lingkungannya buruk maka partikel air menjadi keruh dan tidak dapat membentuk kristal.

Bahkan ketika air sama-sama didengarkan musik, tapi dengan genre yang berbeda, akan membentuk partikel yang berbeda pula. Musik yang keras membuat partikelnya pecah sedangkan musik yang lembut membuat partikelnya membentuk kristal.

Begitu juga ketika air berada di lingkungan bacaan Alquran yang berirama lemah lembut, air akan membentuk kristal yang indah. Menjadi air yang mulia. Bahkan beberapa toko ada yang menjual air khotaman atau air doa yang dipercaya sebagai obat. Nah lho, kira-kira itu mistis atau realistis ya?

Logika sederhananya, tubuh manusia terdiri dari 75% air. Sebagai penduduk tubuh mayoritas, pastinya dengan konsumsi air yang cukup dan kualitas partikel air yang baik akan membantu sistem kerja tubuh dengan lebih baik. Masuk nggak tuuh? So, kalau mau minum, minimal jangan lupa baca bismillah ya gaes.

2. Kertas

Kertas apapun yang masih kosong akan menjadi biasa saja, bahkan sangat lumrah jika menjadi barang rongsokan. Akan tetapi ketika diatasnya dituliskan oleh sebuah tulisan, akan menjadi berharga bagi yang berkepentingan. Apalagi ketika kertas tersebut dituliskan ayat-ayat Alquran diatasnya, yang kemudian menjadi susunan utuh satu Alquran, pasti auto semua orang akan memuliakannya.

3. Mekah dan Madinah

Sejarah berkata betapa jahiliahnya masyarakat arab zaman dahulu kala. Kemudian, setelah diutus Nabi Muhammad dengan Alquran sebagai wahyu yang diterimanya, peradaban Mekah dan Madinah berubah menjadi peradaban yang mulia menuju peradaban yang utama. Bahkan sampai sekarang, kedua kota tersebut masih mendapat julukan Mekah al-Mukarromah (mulia) dan Madinah al-Munawwaroh (bercahaya).

4. Mukjizat terbesar

Menurut beberapa penelitian, Nabi Muhammad termasuk manusia paling berpengaruh nomor satu di dunia. Manusia tersebut sekaligus menjadi nabi terakhir bagi umat manusia yang memiliki mukjizat terbesar yakni Alquran.

5. Manusia

Kalau kertas aja bisa menjadi mulia ketika dituliskan ayat-ayat Alquran, bagaimana dengan otak kita? “Ketika kita menulisakan Alquran dalam otak, sudah tentu otak dan hati kita menjadi mulia dihadapan Allah swt.” (Ahsin Sakho)

So, yuk semakin berlomba-lomba membasahi diri dengan Alquran. Jangan cuma pas Ramadhan aja ya, deket sama alqurannya! Selain buat kulakan pahala, hitung-hitung buat memuliakan diri sendiri juga. Dan pastinya, bisa banget jadi sarana buat makin deket sama Yang Maha Romantis dong yaaaa.

Penulis: Fadhlinaa A.