Pencak Silat Bukan Ajang Sok Jagoan

Pencak Silat Bukan Ajang Sok Jagoan: Kompas
Pencak Silat Bukan Ajang Sok Jagoan: Kompas

Sudah lama sebenarnya saya ingin menulis artikel ini. Namun, baru kali ini saya mulai memberanikan diri. Kalau ingatan saya tidak berdusta, sepertinya saya terinspirasi ketika menonton sebuah video perguruan silat. Video tersebut saya tonton sekitar tahun 2012 lewat hp teman saya.

Video berdurasi sekitar 75 detik itu memperlihatkan sekumpulan anggota silat yang menghajar seorang laki-laki dari perguruan lain. Tak ada angin tak ada hujan, tiba-tiba terjadi aksi penyerangan.

Pencak Silat Bukan Ajang Sok Jagoan

Duh. Saya sebagai anggota silat suka gemes, deh. Kenapa ada oknum yang berbuat seperti itu? Ini bisa menimbulkan salah kaprah pada masyarakat awam tentang tujuan pencak silat yang sebenarnya. Pencak silat bukan ajang sok jagoan, kawan. Bukan ajang untuk adu kekuatan siapa yang tangguh. Ini serius!

Menurut saya pribadi, ada tiga tujuan utama pencak silat: Melestarikan kesenian, memperbanyak saudara, serta menjaga diri dan orang sekitar. Tiga hal ini wajib dipahami, agar tidak disalahartikan.

Melestarikan Kesenian

Beragam kesenian yang ada di Indonesia membuat negara kita dikenal dunia. Salah satunya adalah Pencak silat. Pencak silat merupakan salah satu kesenian asli Indonesia. Kesenian tersebut masuk dalam golongan seni bela diri. Dalam kata lain, dengan belajar pencak silat, secara tidak langsung kita turut serta dalam melestarikan kesenian.

Indonesia memiliki segudang perguruan pencak silat. Setiap perguruan tadi memiliki perbedaan ciri khas dan teknik ilmu bela diri masing-masing. Tapi, apakah karena itu harus ada permusuhan antar perguruan? Menurut saya, jika mereka paham betul arti “Bhineka Tunggal Ika”, pasti mereka akan menghargai adanya perbedaan.

Memperbanyak Saudara

Setiap tahun atau periode tertentu, pasti akan ada anggota baru yang bergabung. Ini mengartikan adanya pertambahan anggota dalam suatu perguruan, entah dalam cabang atau pusat perguruan. Hal ini bisa membuat lingkaran pertemanan dan pergaulan kita semakin luas. Bukan hanya itu, mereka bisa saja dianggap sebagai saudara sendiri jika sudah saling akrab. Dengan demikian, secara tidak langsung mereka memperbanyak dan memperkuat tali persaudaraan antar manusia.

Menjaga Diri dan Orang Sekitar

Salah satu tujuan ikut pencak silat adalah menjaga diri. Menjaga diri dan melindungi orang sekitar yang lebih lemah merupakan tujuan utama dari pencak silat itu sendiri. Dengan berbagai teknik pukulan, tendangan, kuncian dan tangkisan. Semua teknik tersebut semata-mata untuk melindungi diri dan orang sekitar dari adanya bahaya.

Saya berharap, dengan menulis artikel ini nantinya banyak anggota silat dan masyarakat yang lebih mengerti tujuan pencak silat sebenarnya. Terakhir, semoga semua perguruan silat di Indonesia lebih menghargai perbedaan dan tidak mengenal permusuhan antar perguruan.

Penulis: Melina Ayu Agustin

Penyunting: Aunillah Ahmad

Oleh Melina Ayu Agustin

Perempuan kelahiran Surabaya, 25 Agustus 1996. Perempuan introvert lulusan Ilmu Komunikasi dari Stikosa-AWS.