Terlalu nyaman dengan kasur, waktu luang di isi dengan nge-game, sampai sibuk mengurus dirinya di sosial media, jadi malas baca buku, dan hobinya rebahan. Hal-hal diatas kayaknya udah jadi masalah bersama kaum muda, ya? Terlena dengan zona nyamannya.

Sedih nggak sih, melihat kebiasaan nggak produktif ini terus dilakukan tanpa ada usaha perbaikan? Untuk menyikapi kenyataan ini, banyak pesan para tokoh bangsa yang bisa kita ambil hikmahnya begitupun perannya yang dapat di teladani perilakunya.

Teringat dengan pesan dari bapak proklamator Republik Indonesia Ir. Soekarno, “Beri aku seribu orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku sepuluh pemuda, niscaya akan kuguncang dunia!”. Hati kita pasti bergetar membaca perumpamaan “sepuluh pemuda bisa mengguncang dunia”, alasan ini tidak lain adalah peran pemuda itu sendiri yang sangat vital bagi bangsa kedepan.

Karena itu ada tiga pesan penting untuk kaum muda yang masih bingung gimana caranya supaya bias lebih bermanfaat ini:

  1. Sadar Diri

Kenapa sadar diri? Jadi gini guys, sebetulnya kenapa sekarang anak muda lebih senang berleha-leha, nggak lain karena suatu kesadaran dalam dirinya nggak menyadari pada diri sendiri, seperti apa sih perannya, betapa penting dirinya untuk saat ini dan kedepannya.

Sebagaimana Firman Allah SWT di surat Ar-Ra’du ayat 11 “sesungguhnya Allah tidak akan mengubah suatu kaum sebelum mereka mengubah dirinya sendiri”. Berdasarkan ayat tersebut, kamu sebagai pemuda penggerak perubahan harus sadar diri terlebih dahulu, siapa sih aku? Apasih tanggung jawabku? Setelah mendapat jawabannya, barulah kita bisa mengubah diri sendiri dengan mendekati hal-hal yang bermanfaat.

 

  1. Perbanyak Wawasan

Apasih pentingnya wawasan?

Begini, guys, perbedaan yang antara manusia dengan makhluk lainnya itu adalah akal, bukan? Jadi, generasi muda sebagai manusia sangat ditekankan untuk menggunakan akalnya sebaik-baiknya yaitu dengan menambah wawasan.

Lalu bagaimana cara menambah wawasan? Cara menambah wawasan dengan baik yaitu dengan banyak-banyak membaca, menulis, sering diskusi, sampai bergaul dengan orang-orang yang bijak dan juga orang-orang hebat. Eits, jangan lupa setiap akan melakukan aktivitas menambah wawasan, buka dengan basmalah ya.

Sebagaimana wahyu pertama yang diturunkan kepada Rasulullah SAW yaitu surat Al ‘Alaq diayat pertama yang berbunyi “ bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan”. Yakin, deh, dengan begitu insya Allah wawasanmu makin berambah dan makin berkah.

 

  1. Cari Tantangan

Permasalahan anak muda masa kini itu ya disini, lebih senang diam di zona nyaman dan tidak suka mencari tantangan. Teringat pada pesan indah yang mengatakan ”tanda hidup adalah bergerak dan tanda bergerak adalah memberi perubahan. Jika kamu hidup tapi tidak memberi perubahan maka kamu mati dalam kehidupan”

Betapa sia-sianya kalau kamu menjadi pemuda tapi hanya diam saja, untuk bergerak pun pada hal yang tidak bermanfaat. Kan rugi. Padahal, bergerak itu harus selalu maju, keluar dari zona nyaman, dan bergerak mencari tantangan. Dari situ akan terwujud perubahan yang lebih baik kedepan. Jangan sampai menghabiskan masa muda dan mati dalam keadaan foya-foya.

 

Demikian pesan penting ini disampaikan dengan penuh cinta dari seorang pemuda yang merindukan gerakan perubahan bersama pemuda lainnya. Selamat berjuang!

 

Penulis: Irawan

Ilustrator: Ni’mal Maula

Kredit