Tips Baca Buku saat Puasa

Kamu lagi puasa tapi masih pengen punya tenaga untuk baca buku? Milenialis punya tips buat kamu nih. Kamu pasti laper atau pusing karena harus nunda makan selama sepuluh jam kan? Tapi inget, kamu nggak boleh ngelewatin buku-buku bagus untuk dibaca. Kamu harus sempatin baca buku, minimal selama enam menit aja lho setiap hari. Selain kamu tetap sehat karena membaca, kamu juga dapat pahala literasi. Iqro! Ada tiga tips agar kamu tetap bisa baca buku saat kamu puasa nih! Check it out!

1. Kamu bisa pilih waktu membaca kapan aja selama bulan puasa ini

Kamu bisa baca setelah tarawih, sebelum sahur, atau pas nunggu buka puasa. Intinya kamu bebas milih kapan aja kamu mau baca buku. Milenialis punya saran nih. Sebaiknya kamu baca buku pas siang menjelang sore. Kira-kira pas nunggu waktu ashar. Alasannya? Karena antara siang dan sore itu, kamu bisa leyeh-leyeh sambil baca buku. Kamu bisa santai. Orang tua kamu pun biasanya jarang ngasih tugas rumah tangga untuk kamu. Mereka ngak mungkin juga nyuruh kamu yang berat-berat pas jam-jam segini.

Biasanya kan siang menjelang sore itu selain dihabiskan dengan tiduran, juga untuk nonton TV, main game gadget. Kamu tau nggak, kalau nonton atau main game itu justru membebani retina mata. Kamu jadi makin capek. Kamu emang dapat senengnya dengan nonton dan main game. Cuman, kualitas tubuh kamu menurun. Kamu bakal ngerasa pegel, mata perih, atau gangguan penglihatan sementara. Nah, nggak terlalu oke kan? Makanya kamu bisa ganti waktu dengan membaca majalah atau novel grafis (komik).

2. Selalu makan sayur ketika sahur

Terutama wortel yang bisa bantu kamu punya vitamin A yang cukup untuk aktivitas mata termasuk membaca. Harga wortel kan cukup terjangkau untuk dimasak jadi sayur. Konsumsi sayur-sayuran bikin kamu punya tenaga ketika membaca. Vitamin dalam sayuran bikin kamu lebih punya konsentrasi walaupun dalam kondisi berpuasa. Keren kan.

3. Kamu harus segera cari buku terbaru yang terbit

Kamu pasti lebih semangat juga kalau baca buku baru kan? Majalah atau koran terbaru juga bagus untuk selingan. Kamu juga jadi lebih update kan? Puasa kamu bakalan berasa jadi manusia ter-update. ­čÖé

Tiga tips ini semoga berfaedah untuk puasa kamu ya.

Penulis: Fauzan Anwar Sandiah