Belakangan ini adik perempuan saya heboh sekali karena ada grup K-pop idolanya seliweran di salah satu iklan di TV. Iklan apakah itu? Yup! Iklan Shopee Indonesia yang ada idol dengan visual yang biasanya Kpopers bilang nggak masuk akal yaitu Stray Kids. 

Saya suka Stray Kids sih beberapa lagunya karena jujur aja, –saya juga Kpopers meski kadar kebucinan saya dengan dunia K-pop paling hanya 50% lebih sedikit. Nggak dimungkiri, sebagai Kpopers saya juga agak excited dengan iklan baru dari Shopee Indonesia ini. 

Oh ya, Stray Kids ini adalah boy grup yang datang dari agensi super besar di Korea dan sepertinya di belahan dunia manapun tau deh agensi ini. Agensi ini bahkan masuk jajaran agensi big three alias masuk peringkat tiga besar, agensi paling terkenal dan berpengaruh di Korea Selatan: JYP Entertainment.

Oke lanjut, Stray Kids ini dijadwalkan akan manggung di Indonesia dalam waktu dekat ini untuk memperingati harbolnas alias hari belanja online nasional. Nah, makanya nggak heran mereka nangkring di iklan Shopee setiap detik menit jam. Waw

Ini bukan kali pertama Shopee Indonesia mengundang banyak artis ternama ke acara mereka. Oh wait, artis ternama yang saya maksud disini itu lebih dari Atta Halilintar atau Ayu Ting Ting atau artis papan atas lainnya ya. Lebih! Ya, tadi itu Stray Kids jadi salah satu idol K-pop yang diundang Shopee, Masih ada beberapa idol K-pop lain yang sebelumnya juga diundang Shopee untuk memeriahkan event Shopee lainnya. Dulu sekali Blackpink jadi idol K-pop yang hobi nangkring di iklan Shopee. Lalu ada Got7 yang ini saya bahkan baru tahu kalau mereka juga pernah diundang Shopee. Wow. Setelah itu ada Gfriend dan yang terbaru ada Stray Kids. 

Dari sini saya mbatin, kok ya strategi marketing Shopee ini keren banget. Shopee pintar mencari target pemasaran yang bagi saya benar-benar pas dengan tren di Indonesia saat ini. Saya mengakui deh kalau strategi marketing Shopee ini patut diacungi jempol. Ini dia alasannya!

Antusiasme Masyarakat Indonesia Khususnya K-popers

Udah tau lah ya kalau korean wave ini sudah mendarah daging di masyarakat kita, apalagi khususnya di kalangan remaja sekarang. Apalagi kalau saya liat-liat ya kebanyakan perempuan yang mendominasi dunia kpop fangirling. Nah, inilah alasan Shopee bersusah payah mencari idol K-pop untuk mendorong penjualan mereka. Salut, pintar memanfaatkan situasi ya Shopee ini. 

Mempresentasikan Perusahaan dengan Baik ke Khalayak Luas

Nah, ini sih ini yang bagi saya penting. Shopee mampu mencari sosok yang mampu mempresentasikan perusahaan mereka dengan baik ke khalayak. Shopee nggak semata-mata mencari idol K-pop hanya karena mereka populer. Namun, bagaimana karakter idol-idol K-pop ini memiliki karakter yang sejalan dengan karakter pengguna Shopee dan sesuai dengan brand image-nya Shopee. Begitu.

Nggak Nanggung-nanggung Memilih Artis

Kenapa Shopee nggak ngundang banyak artis lokal aja supaya meriah? Kan artis-artis lokal juga banyak yang berkualitas seperti KD dan Titi DJ misalnya. Hmm, gimana ya saya bilangnya. KD dan Titi DJ sepertinya kurang cocok dengan event Shopee. Mereka cocoknya buat konser megah kan mereka penyanyi senior dengan gelar diva! Ya, kurang cocok aja gitu. 

Seperti yang saya bilang tadi. tren korean wave sedang naik daun. Jadi, ya harus pintar melihat situasi memang. Nah, Shopee ini nggak tanggung-tanggung dalam memilih artis Korea mana yang mau mereka ajak kerja sama. Bukan aktris atau aktor tapi idol K-pop yang memiliki pengaruh besar di Indonesia. 

Blackpink, Got7, Gfriend, dan Stray Kids, mereka bukannya idol atau penyanyi atau grup dengan jam terbang rendah ya. Seluruh dunia tau mereka. Mereka dibayar dengan harga fantastis. Mereka datang dari Korea dan agensi yang cukup bahkan sangat besar dan terkenal di negaranya. Jadi, saya patut bilang kalau usaha Shopee dalam mencari artis ini all out. Nggak nanggung-nanggung. 

Strategi ini sangat bagus untuk ditiru oleh perusahaan-perusahaan startup yang saat ini sedang mencoba memasarkan perusahaannya. Jempol dua buat strategi marketing Shopee!