Mungkin beberapa orang hanya mengganggap bahwa bahasa Inggris itu nggak penting-penting amat. Toh kita juga hidup di Indonesia yang warganya kebanyakan bercakap-cakap dengan Bahasa Indonesia atau bahasa daerah. Namun, bahasa Inggris itu tetap penting meskipun bahasa Indonesia diutamakan dalam keseharian rakyat Indonesia karena beberapa alasan berikut:

Bahasa Inggris Itu Penting Karena Jadi Bahasa Internasional

Meskipun penutur aslinya diperkirakan hanya 379 juta orang atau 4,992% dari total penduduk dunia menurut Ethnologue, bahasa Inggris dipakai sebagai salah satu bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan merupakan bahasa pengantar Association of Southeast Asian Nations (ASEAN). Bahkan, 61 Negara menjadikan bahasa ini sebagai bahasa resmi mereka secara de jure (hukum). Meskipun demikian, Amerika Serikat, Inggris, dan Australia hanya menjadikan bahasa ini sebagai bahasa resmi secara de facto atau pengakuan umum.

Lebih Banyak Sumber Informasi

Kalau kita sedang mencari tahu tentang apa masalah yang ada di Afrika atau Amerika Latin, pastinya hanya sedikit sumber yang menjelaskan tentang masalah tersebut dengan Bahasa Indonesia. Sebaliknya, artikel atau buku tentang masalah itu lebih banyak ditemukan dengan Bahasa Inggris.

Selain itu, banyak juga sumber belajar berbahasa Inggris yang dapat kita gunakan, misalnya belajar matematika melalui Khan Academy atau Computer Science melalui TEDx. Kita juga dapat membaca jurnal-jurnal dari para ahli yang tersebar di seluruh dunia melalui bahasa Inggris.

Bahasa Inggris Itu Penting untuk Kesempatan yang Lebih Luas

Pernah terpikir untuk mengikuti acara internasional atau mendaftar pekerjaan? Biasanya, terdapat seleksi yang cukup ketat dan mensyaratkan kemampuan bahasa Inggris yang bagus. Terkadang, peserta yang memiliki nilai dan kecakapan bahasa Inggris yang lebih mumpuni akan terpilih. Melalui bahasa Inggris pula kita dapat mengukir prestasi dengan memenangkan lomba-lomba berbahasa Inggris, misalnya lomba debat bahasa Inggris se-kabupaten.

Menambah Relasi

Seperti yang kita tahu, bahasa Inggris digunakan sebagai media komunikasi banyak orang di seluruh dunia. Oleh karena itu, bahasa ini memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan berbagai manusia dari negara yang beragam sehingga kita bisa menjalin relasi dengan orang-orang di seluruh dunia. Kita dapat bertukar pikiran dengan mereka dan mempelajari hal baru yang susah kita temukan di Indonesia dari orang-orang tersebut. Mereka juga dapat bekerja sama dengan kita pada suatu pekerjaan nantinya.

Membantu Banyak Orang

Dengan bahasa Inggris, kita dapat membantu orang yang tidak dapat berbahasa Inggris, misalnya membantu mereka dalam berkomunikasi dengan orang dari luar negeri atau menerjemahkan kata-kata bahasa Inggris yang terdapat di papan informasi yang ada di tempat umum.

Kita juga bisa membantu orang-orang dalam proses belajar bahasa Inggris, misalnya mengajarkan materi bahasa Inggris yang kita ketahui dan menjadi teman latihan berbicara dengan bahasa Inggris untuk memperbaiki kemampuan mereka dan kita sendiri.

Jadi, setelah mempelajari kenapa bahasa Inggris itu penting apakah kamu berminat menjadi warga dunia dengan mempelajari bahasa Inggris lebih dalam?

Editor: Ulin
Gambar: iStock