Greta Thunberg sekilas terlihat seperti gadis remaja biasa. Tapi jangan salah, semangat ala Greta berhasil membuat dirinya ramai menjadi headline berita dunia akhir tahun lalu. Bagaimana tidak, Greta mendorong politikus untuk menyoal lingkungan dalam rapat-rapat mereka. Ia menginisiasi sebuah aksi bernama School Strike For Climate. Aksi ini dimulai pertama tama oleh dirinya sendiri didepan gedung parlemen Swedia, kemudian ia diliput oleh beberapa wartawan dan semenjak itu ia tidak pernah sendiri dalam setiap aksinya.

Sebenarnya permasalahan lingkungan di Indonesia tidak bisa dikatakan sedikit. Mulai dari karhutla hingga konflik di Kendeng, Jawa Tengah. Lambatnya respon pemerintah harusnya banyak disorot. Kita tidak bisa banyak mengandalkan pemerintah dalam hal permasalahan lingkungan. Kita harus melakukan hal-hal langsung untuk bumi.

Harusnya semangat Greta membuat kita malu. Bagaimana enggak? Dia yang masih muda saja bisa melakukan banyak hal untuk bumi, sedangkan kita mungkin hanya bersantai-santai saja selama ini. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi? Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan dengan meniru semangat Greta seperti:

Menggunakan Transportasi Publik

Dengan menggunakan transportasi publik kita dapat mengurangi tingkat polusi udara karena sudah bukan menjadi rahasia umum bila kendaraan pribadi menjadi salah satu faktor terbesar pencemaran lingkungan. Mungkin bagi yang belum terbiasa hal ini terdengar ribet, namun bisa menghemat ongkos dan terhindar dari macet lho!

Mengurangi Penggunaan Plastik

Plastik merupakan benda yang sangat sulit terurai secara alami. Diperkirakan dibutuhkan 100 hingga 500 tahun bagi plastik untuk terurai secara sempurna. Jika kita mulai mengurangi penggunaan plastik dari sekarang, kita telah andil hal besar dalam menyelamatkan bumi.

Menghemat Listrik

Listrik menjadi bahan bakar utama selain bahan bakar fosil. Kedua bahan bakar ini adalah bahan bakar yang tidak bisa diperbaharui. Jadi gunakanlah dengan bijak. Jika memungkinkan, beralihlah ke energi yang terbaharu.

Buang Sampah Pada Tempatnya

Ini nih yang merupakan kebiasaan buruk orang Indonesia, sering banget buang sampah sembarangan. Padahal sampah yang kita buang itu biasanya sulit terurai dengan tanah. Jadi mulai hari ini buang sampah pada tempatnya ya genks.

 

Berhubung sekarang kita sedang #dirumahAja, jadi poin nomor satu kita lakuin besok kalau karantina sudah selesai, ya. Usahain tetap dirumah aja untuk sekarang. Sedangkan untuk poin-poin lainnya bisa kita lakukan mulai dari sekarang.

Mungkin empat hal diatas terlihat sepele bagi kita. Kadang-kadang kita malas melakukannya. Namun aksi nyata dari satu orang bisa sangat berarti buat lingkungan lho, apalagi kalau yang ngelakuin banyak. Greta aja bisa, masa kita enggak. Lakukan mulai dari diri kita dan tularkan semangat menjaga bumi kepada yang lainnya!

Kredit

,