Zaman sekarang kita sudah bisa menggali ilmu di mana saja termasuk dari TikTok. Yap, aplikasi ini memang menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia khususnya anak muda.

TikTok merupakan aplikasi yang bisa dimanfaatkan penggunanya untuk membuat, mengedit, dan membagikan video pendek. Jadi, wajar saja kalau aplikasi ini banjir video dance cover dan lip sync.

Konten TikTok inspiratif yang berbentuk video singkat juga sangat digandrungi oleh para content creator untuk melejitkan nama dan isi kontennya.

Kalau kamu enggak meng-install aplikasi buatan negara Cina ini, mungkin mengira kalau isi video TikTok adalah kumpulan orang-orang yang berjoget.

Padahal sudah banyak akun TikTok yang bisa kita jadikan inspirasi untuk mengembangkan diri. Setuju? Salah satunya ngobrolin soal kuliah dan karier yang jadi problem kebanyakan generasi milenial. 

Banyak konten menarik di TikTok, misalnya konten edukasi, hiburan, tutorial, story telling, dan masih banyak lainnya. Nah, buat kamu yang baru masuk kuliah, ada beberapa akun TikTok inspiratif yang bisa kamu ikuti, lho.

Pastinya bikin kamu tambah cerdas, dong! Mulai dari belajar berteman hingga mengatur keuangan, semuanya bisa kamu pelajari di TikTok. Berikut 6 rekomendasi akun TikTok inspiratif yang menyuguhkan konten-konten bermanfaat. 

Dosen dengan Tiktok Inspiratif @buiramira

Pemilik akun TikTok yang punya nama asli Ira Mirawati ini, ternyata salah satu dosen fakultas ilmu komunikasi di Universitas Padjadjaran. Akun TikTok ini membahas soal perkuliahan mulai dari cara mengontak dosen hingga fakta dosen pembimbing skripsi.

Mahasiswa yang sedang pusing mengerjakan skripsi, akun dengan username @buiramira mungkin dapat membantu, gaes!

Tiktok Inspiratif Seputar Beasiswa @putrabrahms

@putrabrahms

Kamu yang pengen lanjut kuliah MBA wajib ikutan nih! #MBA #JurusanKuliah #Kuliah

♬ Sunroof – Nicky Youre & dazy

Mahasiswa dengan nama lengkap Putra Brahmana ini awalnya suka bahas teknologi buat cari lowongan kerja ataupun melamar kerja. Namun sejak September 2020, akun ini mulai membahas soal beasiswa dan beragam jurusan kuliah beserta prospek kariernya.

Belajar Pengembangan Diri dari akun @mudacumasekali

@mudacumasekali

Ada nggak sih di antara lo yang berprofesi sebagai bidan dan pengen jadi konten kreator?🤔 #kontenkreator #kebidanan #kesehatan #fyp #trending

♬ original sound – 𝑯𝑬𝑰𝑵 𝑯𝑻𝑬𝑻 📷🍃

Lewat akun TikTok ini, mahasiswa bisa banget belajar pengembangan diri yang ciamik mulai dari sisi mempromosikan diri atau personal branding hingga belajar bagaimana cara mengelola keuangan.

Akun @mudacumasekali yang sudah aktif sejak 2019, cocok banget untuk kamu yang ingin belajar mengelola uang. Kalau kamu juga ingin menjadi konten kreator, akun ini juga sering memberikan konten untuk pemula, lho.

Enggak cuma akun TikTok, ada juga podcast Mudacumasekali, disana kamu juga bisa mendengarkan pembahasan lebih dalam tentang personal branding dan keuangan.

Mendalami Digital Marketing bersama @fardiyandi

@fardiyandi

Halo Bulan Mei, Happy Ending Plis 🥹🙏🏻

♬ Ldr – Mahen

Tiktokers sekaligus pendiri Social Kreatif Fardi Yandi ini akan membagikan tips untuk belajar digital marketing dan pengembangan diri.

Bagi mahasiswa yang ingin memulai sebuah bisnis, Fardi dapat memberikan tips-tips untuk pemula berupa rekomendasi buku bacaan hingga cara berkolaborasi dengan influencer untuk mempromosikannya.

Fardi juga sering dijadikan acuan untuk mereka yang sedang mencari jati diri, lho. Fardi Yandi memiliki prinsip bahwa semua orang bisa mendapatkan sesuatu kalau punya keinginan untuk terus belajar dalam berbagai kesulitan.

Tips dan Trik Dunia Perkuliahan @tyasnastit

@tyasnastiti

Enak banget ya lagunya @itsjessibaby tapi ingattt! Senin sudah masuk kuliah…. 😌😌😌 #tipsmbayas #samasamabelajar #tiktokpintar GIMANA SKRIPSINYA??

♬ ZOOM – Jessi

Akun ini enggak jauh beda sama buiramira, gaess! Mbak Yas merupakan salah satu dosen DKV di Universitas Internasional Semen Indonesia. Beliau juga suka bagiin video tentang tips dan trik seputar kuliah. Pokoknya oke punya deh.

Belajar Bahasa Jepang dari @rimaauthari

Dengan memanfaatkan video yang berdurasi maksimal satu menit ini, pemilik akun TikTok yang bernama lengkap Rima Hayati Authari memberikan pembelajaran bahasa jepang.

Rima merupakan lulusan dari Universitas Lambung Mangkurat jurusan Komunikasi Jurnalistik ini. Biasanya akun TikTok ini menjelaskan penggunaan satu hingga dua kosa kata dari bahasa Jepang. 

Nah, itulah beberapa akun TikTok inspiratif biar kuliah dan karier kamu enggak seret. Semoga bisa membantu ya.

Editor: Ciqa

Gambar: Pexels