Ngomongin netizen Indonesia memang nggak ada habisnya. Yaa mau gimana lagi, kita jadi salah satu bangsa yang paling aktif di sosial media. Mungkin kalau ada nominasi netizen teraktif di dunia, kita bisa memenangkannya dengan mudah. Apalagi ditentukannya lewat voting.
Kelakuan-kelakuan netizen Indonesia selalu saja mengundang perhatian. Salah satunya adalah soal betapa overproud jika ada konten dari luar negeri yang berhubungan dengan Indonesia. Sudah bisa ditebak, konten tersebut akan viral dan mendapatkan respon aktraktif dari netizen Indonesia.
Kunci Konten Viral
Saking mudahnya viral, ada jokes yang menyebutkan kalau konten kreator luar negeri mau mendapatkan views, like, comment yang tinggi, tinggal sisipkan kata Indonesia untuk mendongkraknya. Hehehe. Apalagi kalau isi kontennya memuja muji Indonesia sudah pasti si konten kreator panen eksposur.
Bisa dikatakan netizen Indonesia sebagai ladang cuan untuk para konten kreator luar negeri. Dengan satu syarat konten mereka harus yang positif tentang Indonesia. Karena netizen Indonesia begitu overproud ketika ada orang luar yang membuat konten terkait Indonesia. Akhirnya hal tersebut menjadi streotip di sosial media.
Serial The Last of Us
Seperti yang terjadi baru-baru ini. Serial The Last Of Us merupakan serial yang diadaptasi dari sebuah game. Permainan tersebut mengisahkan tentang jamur yang bisa membuat orang berubah menjadi zombie. Dan titik mula wabah ini menyebar berawal dari Indonesia. Sudah bisa ditebak apa yang terjadi selanjutnya. Boom! The Last Of Us viral menjadi trending topic pembicaraan netizen Indo.
Sedikit spoiler, dalam serial The Last Of Us di episode 2. Menampilkan scene yang berlokasi di Indonesi, dengan adegan yang karakternya diperankan oleh aktor Indonesia, yakni Cristine Hakim dan Yayu Unru. Scene yang berdurasi sekitar 15 menit itu menjadi scene yang paling banyak dibicarakan netizen Indonesia.
Meme “Indonesia Ada Coy”
Meski bukan pertama kalinya produksi film Hollywood yang berhubungan dengan Indonesia, tetapi tetap saja tidak menyurutkan antusias netizen untuk mengekspresikan rasa bangga mereka. Meme “ada Indonesia coy” menjadi ciri khas yang selalu muncul di kolom komentar di setiap konten yang berhubungan dengan Indonesia.
Istilah “Ada Indonesia Coy” sepertinya menjadikan rasa overproud netizen Indonesia menjadi lebih positif. Respon dengan Meme “Ada Indonesia Coy” merupakan simbol ekspresi rasa bangga terhadap negara sendiri, dikemas dengan cara yang kreatif. Hingga akhirnya bukan lagi sebuah rasa overproud yang dominan melainkan menjadi bahan candaan.
Overproud itu Sah-sah Saja!
Sebenarnya sah-sah saja jika netizen Indonesia overproud dengan bangsanya sendiri. Mereka tidak sepenuhnya salah, faktanya Indonesia memang negara yang jarang diketahui banyak orang di dunia. Misalnya saja, orang luar lebih mengenal Bali daripada Indonesia. Padahal Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar ke-4 di dunia dan penganut negara demokrasi terbesar ke-3 di dunia.
Ada pula yang menganggap overproud netizen Indonesia sebagai sesuatu yang norak. Pendapat tersebut juga tidak sepenuhnya salah. Faktanya memang ada saja netizen Indonesia yang kelewat bangga dalam berekspresi. Ya emang nggak heran, ketika ada sebuah media, film, musik atau apapun itu yang “ada indonesia-nya” tentu akan membuat orang-orang disini merasa girang.
Perlahan seiring dengan perkembangan era digital sekarang ini, peluang Indonesia untuk terekspos pun semakin terbuka lebar. Overproud netizen Indonesia bisa dikatakan sebagai sebuah fase yang disebabkan minimnya eksposur yang didapatkan sebelumnya. Sehingga ketika memasuki era digital, eksposur yang luar biasa itu didapatkan, akhirnya menimbulkan rasa overproud.
Dimasa yang akan datang, mungkin akan lebih banyak lagi hal-hal berkaitan dengan Indonesia yang menjadi bahan konten kreator, sutradara, musisi dunia. Akhirnya sesuatu dari luar negeri yang berkaitan dengan Indonesia menjadi hal yang biasa. Istilah “Ada Indonesia Coy” benar-benar pure menjadi sekedar bahan lelucon bukan lagi ekspresi overproud.
Editor : Assalimi
Gambar :
Comments