Tepat 22 April, di hari bumi ini kita sama-sama mengalami hidup di bumi yang kian renta. Sedihnya lagi, akhir-akhir ini lebih banyak kabar buruk dibanding kabar baik tentang lingkungan. Penggundulan hutan terus terjadi, gletser di kutub selatan terus-terusan berkurang, sampai ke salah satu titik terparahnya di tahun 2018 lalu.

Hewan-hewan sering jadi korban kekurangan air saat kekeringan, hewan laut hidup dikelilingi sampah-sampah plastik hasil konsumsi manusia. Intinya, bumi butuh kontribusi dari kita.

Sebelum semua terlambat, ayo cobain tips lifestyle alias gaya hidup yang ramah lingkungan dari milenialis! Walaupun kecil, gaya hidup ini bisa sedikit membantu keadaan bumi. Apalagi kalau kita lakukan bersama teman-teman, komunitas, dan masyarakat di sekitar kita. Apa aja? Yuk, langsung simak!

1. Gunakan Tumbler, Kurangi Pemakaian Botol Plastik Sekali Pakai

Tumbler, itu lho, tempat minum yang bisa dipakai berulang kali. Kita bisa gunakan tumbler untuk menggantikan botol plastik sekali pakai. Selain ramah lingkungan, tumbler juga bikin air minum yang kita konsumsi lebih aman, lho. Apalagi kalau dibanding botol air mineral yang dipakai berulang kali, duh, jangan sampai deh.

2. Say No to Sedotan Plastik, Ganti dengan Sedotan Stainles

Sedotan plastik seperti halnya plastik-plastik lain, susah diurai oleh tanah. Butuh ratusan tahun proses penguraian plastik oleh tanah secara alamiah. Untuk di laut, efeknya lebih ngeri lagi, beberapa waktu lalu kita tau ada penyu yang kemasukan sedotan plastik di hidungnya dan jadi sangat menderita. Jangan sampai deh sedotan plastik kita yang memberi dampak buruk semacam itu.

Kamu bisa ganti sedotan plastik dengan sedotan stainless. Biasanya dijual satu paket dengan alat pembersihnya, praktis, nggak mahal harganya, sekaligus ramah lingkungan tentunya.

3. Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

Kamu terbiasa menggunakan kantong plastik saat berbelanja? Mulai sekarang, kurangi, yuk. Untuk barang-barang yang jumlahnya sedikit cukup dipegang langsung. Atau untuk barang yang jumlahnya banyak, kita bisa bawa totebag sendiri untuk kurangi pemakaian kantong plastik. Kantong plastik inilah sampah yang paling mengerikan kalau di lautan, bahkan sampai dikira makanan oleh hewan laut. Duh.

4. Sendok dari jerami

Iya, bener, sendok dari jerami. Kamu nggak salah baca kok. Selain mengurangi penggunaan plastik, kita juga bisa mengolah kembali sampah/limbah biar bisa dipakai kembali. Salah satunya sendok dari jerami ini. Lumayan kan, kalau memakainya kita bisa memanfaatkan jerami terbuang percuma.

Gimana? Tertantang buat nyobain? Minimal, cobain salah satu, tuh. Kita jaga bumi mulai dari diri kita. Setelahnya, ajakin teman, keluarga, dan orang-orang di sekitar kita. Biar kecil, tapi dampaknya makin luas. Kalau mau langsung beli, bisa banget langsung dm Instagram milenialis.id, nanti kita kasih rekomendasi 😉

Selamat hari bumi, selamat jaga bumi setiap hari!

Oleh: Nabhan Mudrik