Hola, Sahabat milenial!

Kamu suka jadi pengisi acara? Sering jadi instruktur atau fasilitator yang sering menyampaikan materi? Selalu rajin dan totalitas banget menyuguhkan materi di kelas atau di berbagai forum? Pengen presentasi yang seru tapi bisa masyuk gitu kan pastinya? Nah, nah, kamu wajibun banget nih untuk tahu soal ini, ehehe.

 

Pertama dan utama, aku harus jujur bahwa diriku bukan jagoan perihal mengisi materi atau presentasi, apalagi dengan pengaplikasian ‘gaya milenial’. Tapi kebetulan aja aku ada pengalaman sedikit yang harapannya bisa bermanfaat bagi para sahabat dan, pastinya, jadi salah satu rekam jejak pembelajaranku.

 

Belakangan, aku kenalan sama sebuah platform untuk menyusun ala-ala power point (PPT) yang cool banget. Platform ini bisa mendukung kamu untuk mengisi dan menyampaikan materi secara interaktif. Mau kenalan? Yuhuu, yak, namanya adalah Mentimeter! Dia selalu ngenalin dirinya sebagai “interactive presentation software”.

 

Wididiiih, keren banget yahhh?

 

Hehehe, emang maksudnya “interactive presentation” tuh gimana sih? 

 

Buka dulu yuk, mentimeter.com.

 

Kalau kamu udah pernah pakai ini, tampilan awal berandanya akan menyuguhkan beberapa file presentasi yang sebelumnya pernah dibuat. Meski baru nyoba beberapa kali, aku cukup puas dan bersyukur bisa mengoptimalkan fiturnya. Baru dikit aja, udah ngerasa bermanfaat banget sampai tergerak menuliskannya dan berbagi ke teman-teman.

 

Oiya, berikut beberapa hal yang menurutku jadi alasan kenapa Mentimeter ini mendukung kita untuk menyusun presentasi yang interaktif dan mengasyikkan.Mentimeter menyuguhkan 3 (tiga) pilihan jenis slide untuk presentasi kita.

Pertama, popular question types yang bisa banget dipakai pas kita mau mengumpulkan jawaban atau tanggapan dari para audiens. Misalnya kamu punya pertanyaan yang mau kamu lempar ke audiens, bisa banget nih di sini! Terus jawaban-jawaban dari audiens kamu juga bisa ditampilkan di slide nantinya secara otomatis. Keren kan! Atau misalnya dirimu mau melempar beberapa opsi atau pilihan (semacam voting gitu deh), semua itu bisa secara mudah kamu atur dengan jenis slide ini. Slide-slide question types antara lain adalah multiple choice (pilihan ganda), image choice (pilihan gambar), word cloud, scales, open ended, ranking, dan Q&A. Hehe, lengkap kan?

 

Kedua, ada juga jenis slide quiz competitions di mana kita bisa buat kuis ala-ala gitu untuk para audiens. Aku paling suka fitur ini karena bisa jadi semacam energizer atau warming up di pematerian. Tiap audiens bisa berkompetisi satu sama lain. Di akhir, nanti akan ada semacam ranking otomatis, siapa yang paling banyak mendapat skor berdasarkan jawaban yang benar dan kecepatan mengerjakan kuis. Oiyaa, untuk dipahami lebih mudah, fitur slide yang ini nggak jauh beda sama sistem aplikasi kuis seperti kahoot.id kalau teman-teman tahu. Seru pokoknya!

 

Ketiga, ada yang namanya jenis slide quick slide. Bentuknya nggak jauh beda sama slide-slide yang biasa tersedia di software PPT lainnya. Di antaranya adalah slide untuk menulis paragraf, mengemukakan poin-poin, serta mengunggah gambar. Secara tampilan minimalis, simpel banget sih, tapi secara pemanfaatan wahhhh bisa banget dimanfaatkan. Apalagi buat temen-temen yang sukanya lebih ngajak ngobrol santuy audiens-nya.

 

Last but not least, ada jenis slide advances untukmu yang mau membuat slide yang agak kompleks. Hehe, misalnya kamu butuh para audiens untuk menilai atau memberi rating pada sebuah produk atau melakukan voting dengan ada pertimbangan-pertimbangan aspek tertentu. Di antara jenis slide yang ditawarkan adalah 100 points, 2×2 grid, who will win, serta quick form. 

 

Intinya, platform ini bisa kamu manfaatkan se-asyique dan sekreatif apapun. Meskipun begitu, tetap yang nggak boleh dilupakan adalah matangnya isi materi ya sobat. Nantinya kalau kamu sudah siap dengan file presentasimu, mintalah para audiens untuk masuk ke situs menti.com lalu berikan kode yang tertera pada file presentasimu supaya mereka bisa mengikutinya. Yeyyy, kalau sudah begitu, sila mencoba!

 

Nah, begitu sedikit hal yang bisa kubagi teman-teman. Semoga manfaat ya! Gantian aku dikasih tau dong ide kreatif dan seru yang teman-teman punya supaya bisa menyampaikan sesuatu secara menarik. Salam dan bahagia!

 

Ilustrator: Ni’mal Maula

Penulis: Ahimsa W. Swadeshi

(Sekretaris Bidang Advokasi PW IPM DIY 2019-2021 dan Duta Museum Dewantara Kirti Griya DIY 2020-2022)

Kredit